18 Sembuh, Namun Tambah 5 Orang Positif Covid-19

Dilihat 3569 kali
RS Merah Putih Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Sabtu (26/9/2020), ada 18 yang dinyatakan sembuh. Delapan diantaranya berasal dari Kecamatan Grabag, 4 dari Tegalrejo, 3 dari Salam dan masing-masing satu orang dari Tempuran, Kaliangkrik dan Dukun. Meski demikian, hari ini ada tambahan lima pasien positif baru. Mereka tersebar di Kecamatan Tempuran, Tegalrejo, Grabag, Bandongan dan Candimulyo. Hari ini juga ada satu pasien positif yang meninggal berasal dari Kecamatan Mertoyudan.


"Lima tambahan pasien positif ini, terdiri dari tiga perempuan dan dua laki-laki. Tiga perempuan itu, berasal dari Kecamatan Grabag usia 53 tahun, Tempuran usia 43 tahun dan dari Candimulyo usia 50 tahun. Sedang dua laki-laki itu, berasal dari Kecamatan Tegalrejo berusia 31 tahun dan Bandongan usia 58 tahun. Sedang riwayat mereka terpapar, ada yang pelaku perjalanan, kontak erat dan ada yang belum diketahui riwayatnya. Dengan tambahan lima baru, satu meninggal dan 18 sembuh itu, jumlah akumulasi pasien positif diwilayah ini menjadi 477 orang. Rinciannya, 24 dirawat dirumah sakit, 69 menjalani isolasi mandiri, 370 sembuh dan 14 meninggal," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara peta sebaran pasien positif diwilayah ini, lanjut Nanda, saat ini ada 17 dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19. Paling banyak Kecamatan Mertoyudan dengan 21 orang. Kemudian Kecamatan Secang dan Candimulyo dengan 10 dan 8 orang. Disusul Kecamatan Muntilan, Salam dan Ngablak dengan masing-masing 7 orang. Kemudian, Tempuran, Grabag dan Bandongan dengan masing-masing lima orang. Selanjutnya, di Salaman dan Mungkid, masing-masing 4 orang. "Untuk Kecamatan Borobudur, Sawangan, Tegalrejo dan Pakis, masing-masing ada dua orang. Sedang di Kajoran dan Srumbung, ada satu orang," sebutnya.


Sedang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), saat ini ada delapan tambahan baru. Ia berasal dari Kecamatan Tempuran, Grabag dan Secang dengan masing-masing dua orang serta Kecamatan Windusari, dan Candimulyo dengan satu orang. "Saat ini juga ada delapan PDP asal Kecamatan Grabag dan Sedang yang masing-masing dua orang dinyatakan sembuh. Ditambah dari Kecamatan Borobudur, Kajoran, Sawangan dan Tempuran dengan satu orang. Saat ini juga ada tiga PDP yang alih status menjadi positif. Mereka tersebar di Tempuran, Grabag dan Bandongan. Untuk PDP ini, jumlah kumulatifnya menjadi 543 otang. Rinciannya 15 dirawat, 466 sembuh dan 62 meninggal," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbub Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan. Diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar