Hingga Pukul 15.00 WIB Ada 49 Orang Positif Covid-19 Sembuh, Terbanyak dari Salaman

Dilihat 2621 kali
lustrasi foto. ibukota kita

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Jumat (25/9/2020) ada 49 orang yang dinyatakan sembuh. Terbanyak berasal dari Kecamatan Salaman dengan 22 orang yang sembuh, disusul Borobudur dengan 14 dan Candimulyo ada 11 orang serta masing-masing satu orang dari Kecamatan Ngluwar dan Muntilan.  Meski demikian hari ini ada satu tambahan positif, yakni laki-laki usia 39 tahun dari Muntilan.


"Tambahan satu positif itu, adalah pelaku perjalanan. Seminggu sekali yang bersangkutan sering pulang pergi dari Prambanan dan Muntilan. Untuk saat ini, ia memilih menjalani isolasi mandiri. Dengan tambahan satu dan 49 sembuh itu, jumlah akumulasi pasien positif ada 472 orang. Rinciannya, 22 dirawat disejumlah rumah sakit dan 85 menjalani isolasi mandiri, 352 sembuh dan 13 meninggal," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, Jumat (25/9/2020).


Sementara peta sebaran pasien positif diwilayah ini, lanjut Nanda, saat ini ada 19 dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19. Paling banyak Kecamatan Mertoyudan dengan 22 orang. Kemudian Kecamatan Grabag dengan 12 orang. Disusul Secang dan Salam dengan masing-masing 10 orang. Untuk Ngablak, Muntilan dan Candimulyo, masing-masing ada 7 orang. Sedang di Tegalrejo dan Tempuran, masing-masing ada lima orang.


"Untuk Kecamatan Salaman, Mungkid dan Bandongan, masing-masing ada empat orang. Sedang di Borobudur, Pakis dan Sawangan, masing-masing ada dua orang. Sementara di Kajoran, Srumbung, Kaliangkrik dan Dukun, ada satu orang," sebutnya.


Sedang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), saat ini ada 11 tambahan baru. Tiga diantaranya berasal dari Kecamatan Secang dan masing-masing dua orang dari Bandongan dan Tempuran. Untuk sisanya tersebar di Kecamatan Kajoran, Windusari, Sawangan dan Dukun. Meski demikian, saat ini ada lima PDP yang dinyatakan sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Borobudur, Kajoran, Ngablak, Srumbung dan Bandongan. "Dengan tambahan 11 baru dan lima orang sembuh itu, jumlah kumulatif PDP saat ini menjadi 538 orang. Rinciannya, 18 dirawat dirumah sakit, 458 sembuh dan 62 meninggal," lanjutnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbup Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan. Diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar