Angin Kencang Rusak Balkondes dan Sejumlah Rumah Warga

Dilihat 1695 kali
Balkondes Wanurejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang rusak parah setelah bencana angin kencang melanda wilayah ini

BERITAMAGELANG.ID - Musibah angin kencang disertai hujan deras melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang.Tiidak ada korban jiwa dalam kejadian itu namun puluhan rumah warga dan fasilitas wisata di wilayah Candi Borobudur rusak.


Kejadian angin kencang di wilayah Kabupaten Magelang terjadi pada Selasa (7/2/2023) sekitar pukul 14.30 WIB. Salah satunya destinasi wisata Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wanurejo Kecamatan Borobudur yang terlihat porak poranda pada Rabu (8/2/2023).


Salah satu pendopo Balkondes terlihat ambruk, serta beberapa gazebo rusak di bagian atap dan beberapa dalam kondisi miring. Selain merusak bangunan, dampak dari musibah ini juga merusak tanaman dan fasilitas perabotan lain yang ada di Balkondes tersebut. 


"Suaranya ting grodagh (bergemuruh) ya ini (pendopo) inti balkondes keangkat angin langsung roboh," kata pengelola Balkondes Wanurejo, Iriyanto di lokasi.


Beruntung, lanjut Iriyanto, saat kejadian tidak ada wisatawan maupun warga yang menggunakan Balkondes Wanurejo yang biasa ramai dikunjungi warga dan wisatawan. Namun demikian, saat kejadian sejumlah karyawan Balkondes yang berada di lokasi sempat dilanda kepanikan.


Berdasarkan data sementara yang dihimpun BPBD Kabupaten Magelang, hingga Rabu (8/2/2023) wilayah terdampak paling parah bencana angin kencang tersebar di 17 dusun 9 desa wilayah Kecamatan Borobudur, Salam dan Ngluwar.


Selain merusak atap dan bangunan rumah warga, angin kencang yang disertai hujan deras itu juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang menutup beberapa titik akses jalan desa dan jaringan listrik.


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edi Warsono mengatakan bangunan yang rusak berat ada dua dan rusak sedang ada dua unit. Ini adalah Balkondes di Wanurejo roboh diterjang angin. Untuk upaya penanganan langsung dilakukan oleh masyarakat bersama unsur TNI Polri BPBD dan relawan.


Lebih lanjut Edi mengungkapkan, seorang warga di Kecamatan Salam juga dilaporkan mengalami luka ringan akibat tertimpa material atap rumah.


"Sedangkan yang luka seorang anak di Salam kondisinya membaik karena sudah ditangani pihak rumah sakit," ungkap Edi.


Selain masih melakukan pendataan, BPBD Kabupaten Magelang juga menyalurkan bantuan logistik dan perlengkapan darurat ke wilayah terdampak angin kencang. Dalam mendukung upaya penanganan, BPBD juga mendirikan layanan dapur umum di wilyah Kecamatan Bligo Ngluwar dan Kecamatan Borobudur.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar