Beragam Tokoh Wayang Ajak Balita Ikut Imunisasi

Dilihat 1089 kali
Salah satu tokoh wayang saat menemani balita yang merasa takut untuk diimunisasi dalam program BIAN di Desa Sawangan Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Desa Sawangan Kabupaten Magelang, punya cara menarik agar warga berbondong-bondong membawa balitanya, turut serta dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Dengan sukarela, perangkat desa setempat mengenakan pakaian punokawan (Semar, Gareng, Petruk Bagong) dan tokoh wayang lainnya, untuk menyambut orang tua yang datang membawa balitanya.


Ternyata cara ini cukup ampuh, terbukti anak-anak banyak tertarik dengan perangkat desa yang berkostum punokawan seperti Semar, Gareng, Petruk, Bagong. Apalagi para punokawan ini dengan ramah menyambut kedatangan mereka sambil membagi-bagikan balon. Punokawan  juga dengan sabar membujuk balita yang merasa takut saat akan diimunisasi.


Kepala Desa Sawangan, Haryanto di sela-sela kegiatan BIAN yang berlangsung di Balai Desa Sawangan Rabu (24/8/2022) mengatakan, pemerintah desa Sawangan sangat mendukung program BIAN. Salah satu bentuk dukungan ini adalah dengan membuat konsep yang menarik saat pelaksanaan, agar semua orang tua membawa balita dari usia 9-59 bulan berpartisipasi dalam BIAN ini. 


"Alhamdullilah, semua balita bisa hadir dengan konsep menarik ini," kata Haryanto.


Menurut dia, kehadiran punokawan ini agar anak-anak tidak takut diimunisasi. Para punokawan ini akan menghibur anak-anak yang biasanya menangis saat diimunisasi. Punokawan itu sendiri merupakan perangkat desa setempat.


Sementara perangkat desa lain termasuk dirinya selaku kepala desa, mengenakan pakaian adat Jawa. Hal itu dilakukan selain untuk nguri-nguri budaya Jawa juga untuk memberi kesan ramah pada warga. 


BIAN sendiri, imbuh Haryanto, merupakan kerja dari puskesmas. Pemerintah desa sawangan hadir ikut menyukseskan agar balita yang ikut BIAN mencapai target.


Di Desa Sawangan, kurang lebih ada 250 balita yang harus ikut BIAN. Mereka berasal dari 20 dusun yang tergabung dalam 5 posyandu, seperti posyandu Pelita Hati dan Cahaya Hati. Para kader kesehatan juga turut serta memobilisasi para balita.


Seperti diketahui, BIAN merupakan Bulan Imunisasi Anak Nasional untuk memberikan imunisasi tambahan Campak-Rubela, serta melengkapi dosis imunisasi Polio-DPT-HB-Hib yang terlewat.


Manfaat BIAN untuk mencegah kesakitan dan kecacatan akibat Polio, campak, rubela, dipteri, hepatitis B, pertusis (batuk rejan), radang paru dan meningitis.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar