Berkah Pandemi Covid-19 Bagi Peternak Ikan Bojong

Dilihat 2041 kali
Pasar ikan Bojong Mungkid Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Masa pandemi Covid-19 mendongkrak permintaan benih ikan di Kabupaten Magelang. Kondisi itu tentu menjadi berkah bagi para peternak di sentra budidaya ikan di Desa Bojong, Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang.


Salah satu peternak ikan di Desa Bojong Fuadi mengatakan peningkatan permintaan benih ikan nila dan lele hingga satu ton perbulannya. Ia memperkirakan lonjakan permintaan itu karena pelaku usaha mencari alternatif usaha setelah terdampak ekonomi akibat wabah Covid-19.


"Mungkin, karena banyak pelaku usaha yang terkena dampak secara ekonomi akibat Covid-19 beralih untuk budi daya perikanan," kata Fuadi ditemui Rabu (9/9/2020).


Menurutnya permintaan tertinggi khusunya pada benih jenis ikan nila dan lele. Jumlah peningkatan hingga 50 persen dibanding hari normal sebelum masa pandemi covid-19.


Bahkan tingginya permintaan untuk kedua jenis ikan itu peternak sempat kewalahan untuk memenuhinya. Kondisi itu juga dipengaruhi faktor suhu musim kemarau serta berkurangnya debit air.


"Sebenarnya lumayan laku, tapi kemarau ini debit air berkurang dan paparan suhu dingin membuat ikan berjamur," ujar Fuadi.


Peternak lain yang ditemui, Mulyadi mengungkapkan jika tingginya permintaan benih ikan itu membuat dirinya bersemangat, meski harus mencari pasokan alternatif ke daerah lain.


Mulyadi menghitung peningkatan permintaan benih ikan itu mulai terjadi pada bulan Maret kemarin. Sejak bulan Maret itu permintaan terus naik hingga memasuki bulan April dan Juni. Selanjutnya pada bulan Juli dan seterusnya mulai menurun karena kolam-kolam sudah terisi.


Rata-rata konsumen yang datang berasal dari sekitar wilayah Kabupaten Magelang saja. Saat ini dimasa pandemi covid-19 bisnis perikanan dirasa lebih menguntungkan dan fleksibel. Karena bisa dilakukan pada kolam permanen maupun buatan, menyesuaikan lingkungan serta modalnya.


"Terumata diawal bulan Maret, April, Mei, Juni terasa sekali, dan Juli sudah mulai turun karena kolam lama sudah terisi belum panen dan menunggu musim penghujan," jelas Mulyadi.


Meski permintaan meningkat, harga jual benih ikan nila dan lele di Desa Bojong ini tidak mengalami kenaikan. Untuk benih ikan nila dijual dengan harga Rp 30.000/kg. Sedangkan untuk benih ikan lele antara Rp 20.000-25000/kg tergantung jenis dan ukurannya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar