Budidaya Si Cantik Anggrek Yang Menjanjikan

Dilihat 7154 kali
Perawatan anggrek di Rumah Anggrek Anik Menayu Muntilan Kabupaten Mgelang.

BERITAMAGELANG.ID - Alam Indonesia memiliki kekayaan aneka plasma nutfah anggrek dunia. Tanaman hias ini memiliki daya tarik tersendiri, mulai dari warna, bentuk, ukuran, dan jenisnya yang beranekaragam. Warna dan coraknya yang indah juga selalu menawan para pecinta tanaman.


Demikian pula di Kabupaten Magelang, tanaman hias ini digemari banyak orang mulai dari pegawai kantoran, ibu rumah tangga dan pemula. 


"Setiap hari selalu ada pembeli, minimal 50 pot terjual setiap minggu, mulai bibit hingga anggrek dewasa," kata Sania, pengelola Rumah Anggrek 'Anik' di Dusun Sorogenen Desa Menayu Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang, Selasa (28/01/2020).


Menurutnya, usaha bunga anggrek untuk Kabupaten Magelang masih terbuka lebar dan menjanjikan. Karena selain faktor suhu dan iklim yang sangat mendukung, peminat bunga anggrek juga sangat tinggi.


Ia mencontohkan, green house yang dikelolanya ini bermula hanya dari hoby dan garasi rumah orang tuanya Anik Munawaroh. Seiring berjalannya waktu, usaha anggrek dari garasi rumah itu mulai dikenal hingga bisa mendirikan green house yang difungsikan juga sebagai tempat pelatihan bagi pecinta anggrek pemula.  


"Tahun 2010 ruang garasi rumah tak mampu menampung koleksi dan pembeli. Maka di akhir 2019 ibu membangun green house ini," jelas Sania. 


Bibit anggrek dijual mulai harga 10 ribu hingga ratusan ribu rupiah yang dewasa. Anggrek bulan menjadi idola masyarakat. Namun anggrek jenis lain juga selalu diburu.


Sania menambahkan, saat ini ia memiliki sedikitnya 10 varietas seperti jenis anggrek bulan, anggrek tipe Denbdrobium atau douglas, dan anggrek Fanda. Sebagian lagi merupakan spesies spesies anggrek yang memiliki harga tinggi yakni kisaran Rp 1 juta lebih.


"Harganya mulai 10 ribu/pot benih dan ada yang satu juta anggrek setinggi 50cm. Ini anggrek lokal asli Jawa," terangnya.


Agar sukses membudi daya anggrek, Sania menyarankan untuk memperhatikan suhu sekitar. Jika berada di lokasi panas diharapkan anggrek tidak langsung terkena matahari agar tidak gosong. Upayakan diberi paranet dobel pada ruang green house anggrek. 


Di samping pemupukan, penyiraman juga harus diperhatikan yakni cukup 3 kali dalam seminggu menggunakan selang air. Sedangkan jika menggunakan alat semprot bertekanan lemah, penyiraman dapat dilakukan setiap hari.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar