Dinas Pariwisata Imbau Objek Wisata Mandiri Ditutup Sementara

Dilihat 1745 kali
Kepala Bagian Pemasaran dan Promosi Objek Wisata Ketep Pass, Edwar Alfian, memberikan pengertian kepada wisatawan yang kecele datang ke Ketep Pass saat penutupan sementara.

BERITAMAGELANG.ID - Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso mengimbau objek wisata yang dikelola mandiri oleh masyarakat, seperti tubing, taman bunga spot selfie, juga ditutup sementara.


Hal itu berdasarkan surat edaran Bupati Magelang nomor 440/064/05/2020 tertanggal 14 Maret 2020. Dalam surat edaran itu disebutkan langkah-langkah strategis pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Magelang. 


Yang berdampak pada tujuh objek wisata di wilayah Kabupaten Magelang ditutup sementara bagi wisatawan mulai 16 Maret 2020 selama 14 hari, sebagai upaya preventif pencegahan menularnya virus Corona.


Ketujuh objek wisata yang dikelola oleh pemerintah adalah Ketep Pass, kolam renang Mendut,  Kalibening, Candi Umbul, Telaga Bleder, candi Mendut dan Pawon. Namun, selain itu di Kabupaten Magelang banyak sekali objek wisata mandiri yang dikelola masyarakat.


Objek wisata yang dikelola oleh masyarakat, menurut Iwan, wajib mengikuti aturan tersebut, namun masih bersifat fleksibel. Jika objek wisata masih buka melayani pengunjung, maka sejumlah persyaratan harus dipenuhi.


Jika tetap buka, maka pengelola wisata harus menyediakan pengukur suhu tubuh, pastikan semua tempat higienis, sediakan sabun antiseptik atau hand sanitizer di setiap titik cuci tangan toilet maupun kuliner. 


Serta memastikan kebersihan berkala pada tempat yang sering disentuh tangan seperti meja, gagang pintu, pegangan tangga dan sejenisnya.


"Namun, bila hal itu tidak bisa dipenuhi, maka sebaiknya ditutup sementara, demi kebaikan bersama," tegas Iwan, Senin (16/3/2020).


Kepala Bagian Pemasaran dan Promosi Objek Wisata Ketep Pass, Edwar Alfian, menanggapi positif langkah pemerintah dalam pencegahan virus Covid-19 dengan menutup sementara objek wisata.


Objek wisata Ketep Pass yang menawarkan keindahan gunung Merapi Merbabu ini ditutup selama 14 hari.  Sesuai pengumuman yang ditandatangani Kepala Disparpora Kabupaten Magelang. 


Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan para pedagang dan kelompok sadar wisata di Ketep Pass, yang menggunakan kesempatan penutupan ini, untuk gotong royong membersihkan obyek wisata Ketep Pass.


"Para pedagang PKL memaklumi kebijakan pemerintah tersebut dan bergotong royong membersihkan lokasi berdagang mereka di wilayah Ketep Pass," ungkap Edwar.


Namun, masih ada sejumlah wisatawan yang sudah terlanjur datang ke Ketep Pass setelah ditutup sementara. 


"Karena masih ada yang belum tahu, maka kami berikan pengertian dengan cinta, agar besok jika sudah kembali dibuka, masih tetap datang lagi ke Ketep Pass.


Tadi selain wisatawan lokal, ada juga wisatawan dari Malaysia satu mobil, setelah diberikan pengertian mereka memahaminya dan maklum," kata Edwar.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar