Duta GenRe Didorong Jadi Role Model Remaja

Dilihat 2985 kali

BERITAMAGELANG.ID - Dipilihnya Duta GenRe Kabupaten Magelang Tahun 2023 diharapkan bisa memberikan sosialisasi dan edukasi remaja di Kabupaten Magelang agar menjadi generasi yang berencana, khususnya dalam kesehatan reproduksi, menghindari Triad KRR (tiga masalah pokok) bagi remaja dengan tiga ancaman yaitu sexs bebas, pernikahan dini, narkoba dan sebagainya. 


Hal tersebut disampaikan Bunda GenRe Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin dalam Acara Grand Final Duta GenRe Kabupaten Magelang, di Pendopo drh. Soepardi Komplek Setda Kabupaten Magelang, Sabtu (21/1/2023).


Dari jumlah peserta Duta GenRe sebanyak 28 orang ini, pemenang Duta GenRe Kabupaten Magelang Tahun 2023 adalah Wahyu Irawan dari Kecamatan Pakis dan Eka Susanti dari Kecamatan Ngablak. 


Sementara pemenang Wakil satu Duta GenRe ialah, Adiktya Darma Saputra dari Kecamatan Candimulyo dan Tsabisa Putri Amanda dari Kecamatan Borobudur. Wakil dua Duta Genre yaitu Muhammad Fatkhi Hidayatillah dari Kecamatan Mungkid dan Octalia Heri dari Kecamatan Grabag. 


Dalam hal ini Christanti mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Magelang, khususnya Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB PPPA) yang sudah memfasilitasi pemilihan Duta GenRe Kabupaten Magelang Tahun 2023. 


"Dengan pemilihan Duta GenRe ini diharapkan bisa memberikan warna dan mengajak anak-anak muda untuk berkontribusi dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada di Kabupaten Magelang khususnya terkait generasi berencana yang merupakan program dari BKKBN," kata Christanti.


Dipilihnya Duta GenRe ini selain berkegiatan, bisa berjejaring membangun dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pihak-pihak terkait, diharapkan agar apa yang menjadi program GenRe ini bisa sampai kepada para remaja yang ada di Kabupaten Magelang terutama dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting. 


Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi menyampaikan pemilihan Duta GenRe ini dalam rangka memberikan apresiasi kepada remaja yang telah berperan dan berkomitmen tinggi dalam memajukan pusat informasi. 


Dalam momentum ini, Duta GenRe bisa menjadi figur dan role model bagi remaja lainnya baik di Kabupaten Magelang maupun nantinya mengikuti pemilihan Duta GenRe di tingkat provinsi. 


"Nanti yang terpilih Juara satu akan mewakili Kabupaten Magelang untuk mengikuti lomba ditingkat Provinsi Jawa Tengah, Semoga wakil dari Kabupaten Magelang menjadi yang terbaik ditingkat Provinsi Jawa Tengah dan pastinya dimulai hari ini nanti tugas para juara ini akan cukup berat, cukup besar tanggung jawabnya," ungkap Bela.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar