Jalur Pendakian Gunung Merbabu Dibuka Kembali

Dilihat 2363 kali
Jalur pendakian Gunung Merbabu mulai dibuka per 1 Februari 2020

BERITAMAGELANG.ID - Terhitung mulai 1 Februari 2020, seluruh jalur pendakian Gunung Merbabu dibuka kembali. Namun demikian, Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) bisa menutup sewaktu-waktu bila cuaca tidak memungkinkan. 


"Perlu diingat saat ini cuaca sangat ekstrem, jika tidak memungkinkan maka kami akan melakukan penutupan," ucap Kepala TNGMB, Junita Parjanti, Senin (3/2/2020).


Junita meyakini para pendaki ini sudah banyak yang punya pengalaman naik gunung. Namun demikian semua pendaki tetap harus memperhatikan faktor cuaca demi keamanan.


Sebelum dibuka lagi, pihak TNGMB sudah melakukan persiapan, seperti pembersihan jalur, penambahan fasilitas pendaki dan rambu-rambu.


"Kita juga melakukan koordinasi dengan Muspika, BPBD dan stakeholder terkait," terang Junita.


Ada lima jalur pendakian menuju puncak gunung Merbabu, antara lain dari Swanting, Cuntel, Wekas, Tekelan dan Selo Boyolali. Khusus untuk pendakian jalur Selo harus booking via online. 


"Sedangkan yang lain masih manual," ujarnya.


Sebelumnya, seluruh jalur pendakian menuju puncak Gunung Merbabu ditutup karena kebakaran sejak November 2019. 


Dibukanya kembali jalur pendakian Gunung Merbabu sesuai dengan pengumuman Nomor: PG. 04/T.35/TU/EVLAT/01/2020 tentang Pengumuman Jalur Pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu.


Gunung Merbabu selama ini menjadi salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki. Banyak pendaki yang memburu sunrise dan juga padang savana.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar