Jantra Budaya Wanurejo, Upaya Lestarikan Seni Budaya Lokal

Dilihat 2467 kali
Camat Borobudur Subiyanto didampingi Kabid Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Edi Suharto saat membuka event Jantra Budaya Wanurejo

BERITAMAGELANG ID - Paguyuban Eling Budaya Dusun Tingal kulon, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang  menyelenggarakan event Jantra Budaya yang menampilkan kesenian dari Desa Wanurejo, yang dibuka pada Sabtu (21/1/2023) di Balkondes Wanurejo. 


Jantra Budaya Wanurejo digelar sebagai upaya bersama membangkitkan kembali kekayaan budaya Desa Wanurejo yang sempat mati suri akibat pandemi Covid-19 ataupun penyebab lainnya. Jantra Budaya menjadi sarana menghidupkan dan melestarikan budaya desa sekaligus memberdayakan, agar ke depan masyarakat lebih "Sejahtera" melalui kekayaan yang dimiliki.


“Saya memandang kegiatan ini mempunyai  arti penting dalam upaya melestarikan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Magelang ini, dalam hal ini banyak yang bertanya mengapa seniman mempunyai kontrol emosi yang lebih baik ketimbang manusia lain pada umumnya,” kata Edi Suharto, Kabid Pemasaran dan Ekonomi Kreatif mewakili Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang saat membuka kegiatan tersebut.


Menurutnya, proses menuju arah ke sana membutuhkan waktu yang sangat panjang dalam mengolah cipta, rasa dan karsa seorang pelaku seni menempa diri untuk sabar, ikhlas dan penuh renungan.


“Saya juga berharap kegiatan Jantra Budaya Wanurejo 2023 bisa dijadikan sebagai event tahunan, sehingga akan menjadi sesuatu yang menarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Desa Wanurejo Borobudur ini,” harapnya.


Ketua Paguyuban Eling Budaya, Ganung Hariyadi mengatakan paguyuban Eling Budaya merupakan komunitas kaum muda di Dusun Tingal Kulon Wanurejo Kecamatan Borobudur yang didirikan pada 2020, dilatarbelakangi oleh kepedulian pada pelestarian, pengkajian dan pengembangan budaya lokal untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas.


“Paguyuban juga berharap kekayaan budaya ini dapat didokumentasikan dengan baik untuk kemudian dikembangkan sedemikian rupa supaya masyarakat secara luas dapat memperoleh hasil secara maksimal,” jelasnya.


Jantra Budaya Wanurejo, lanjut Ganung, menjadi salah satu kegiatan persiapan dan pembelajaran bagi Paguyuban Eling Budaya serta para pelaku seni dan UMKM yang rencananya setelah tiga kali pelaksanaan kegiatan ini akan diadakan evaluasi untuk pengembangan kegiatan berikutnya agar dapat mewujudkan kegiatan budaya yang lebih berbobot dan melibatkan lebih luas lagi jaringan seniman, budayawan dan UMKM.


“Untuk jangka panjangnya kegiatan ini kami harapkan menjadi atraksi yang dapat disajikan secara berkesinambungan serta menjadi daya tarik bagi pecinta seni budaya maupun wisatawan,” lanjutnya.


Menurut rencana, Jantra Budaya Wanurejo akan dilaksanakan setiap bulan selama tahun 2023 yang berlokasi di Desa Wanurejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar