Kabupaten Magelang Miliki Banyak Sentra Kerajinan Menarik

Dilihat 3109 kali

BERITAMAGELANG.ID - Ketua Bidang Wirausaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Ibu Irjen TNI, Metty Herindra melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Magelang, Selasa (10/3/2020). Kunjungannya diterima Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin.


Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin, mengatakan Kabupaten Magelang memang memiliki banyak produk yang dikembangkan, antara lain sentra kerajinan bambu, perak, batu, dan batik.


"Memang sangat variatif. Ada yang memang sudah baik, bahkan sudah mencapai ekspor. Tetapi masih juga ada kerajinan yang masih butuh pembinaan, terutama seperti batik dalam bidang pemasarannya," ungkap Christanti.


Dekranasda Kabupaten Magelang akan terus mendorong perbaikan sehingga UKM bisa benar-benar berjalan baik dan meningkatkan ekonomi bagi para perajin itu sendiri. 


"Pembinaan terus kita lakukan dalam bentuk sosialisasi dan juga bekerjasama dengan dinas terkait dan juga Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas produksinya," kata dia.


Metty mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Borobudur telah ditetapkan menjadi salah satu kawasan super prioritas pembangunan pariwisata, selain Mandalika, Danau Toba, Likupang, dan Labuan Bajo. Terkait hal tersebut, dalam waktu dekat akan diadakan Kick Off (launching program bidang wirausaha baru) untuk menunjang program pemerintah tersebut.


"Rencananya Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang dan Provinsi akan kita undang dalam acara tersebut. Dan mungkin nanti akan kita bawa beberapa produk unggulan dari Kabupaten Magelang seperti kerajinan batik dan mungkin beberapa ada produk makanan khas yang bisa kita display saat acara tersebut," kata Metty Herindra, saat diterima di Pendopo Rumah Dinas Bupati Magelang.


Lebih lanjut, Metty menjelaskan, dalam acara tersebut juga bakal ada peragaan busana dari beberapa daerah yang termasuk dalam super prioritas pariwisata tersebut. Ia berharap, Kabupaten Magelang juga bisa ikut berpartisipasi dalam peragaan busana tersebut.


"Saya pikir Magelang kan banyak perancang busana. Mungkin kita bisa bawa beberapa koleksinya agar bisa kita ikutkan dalam acara tersebut," ujarnya.


Dalam kesempatan itu Metty juga mengunjungi beberapa titik pusat kerajinan, diantaranya Kun-Kun Craft di Desa Borobudur, Rikrok Desa Wisata Wanurejo, dan Puntuk Setumbu Borobudur.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar