Komunitas Sepeda Tua Gowes dengan Berbusana Batik

Dilihat 1517 kali
Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Magelang Raya, dalam kegiatan kumpul sedulur onthel dengan berbusana Batik.

BERITAMAGELANG.ID - Mengambil momentum Hari Batik Nasional, yang jatuh pada Minggu (2/10/2022), Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Magelang Raya, menggelar kegiatan kumpul sedulur onthel dengen berbusana batik.


Ketua Kosti Magelang Raya, Muhammad Sani Lais, mengatakan, kegiatan tersebut adalah agenda rutin setiap Minggu Legi di Lapangan Soeperdi Sawitan Kota Mungkid Magelang. Dimana kali ini bertepatan dengan Hari Batik Nasional.


"Dress code dengan pakaian batik, kegiatan rutin setiap Minggu Legi sambil memperingati Hari Batik Nasional. Tentu saja sambil membawa sepeda onthel," ucap Sani.


Menurut Sani, batik yang merupakan warisan budaya Indonesia untuk dunia, wajib dijaga bersama dan dilestarikan. Hal tersebut bisa dikatakan sama dengan menjaga serta melestarikan sepeda onthel tua yang tentunya sedikit banyak mempunyai nilai sejarah.


Menurutnya, batik dan sepeda onthel, dua hal yang berbeda tapi terdapat kesamaan yaitu sejarah yang panjang yang harus dilestarikan.


“Dengan mengenakan busana batik dan naik sepeda onthel akan tetap luwes dan menambah kesan tempo dulu," terang Sani.


Dalam kegiatan kumpul sedulur onthel tersebut dengan berbusana batik, juga dilakukan diskusi terkait kegiatan komunitas tersebut.


Komunitas sepeda onthel, termasuk olahraga rekreasi yang menginduk di KORMI.


“saat ini sudah 29 klub sepeda onthel di Magelang Raya di bawah naungan Kosti Magelang Raya, yang tersebar di desa dan kecamatan se Magelang," terang Sani.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar