Lagi!! Tambah Empat Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19

Dilihat 4223 kali
Rumah Sakit Merah Putih Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Kamis (17/9/2020) bertambah empat orang. Mereka berasal dari Kecamatan Salaman, Mungkid, Ngablak dan Pakis. Dengan tambahan empat ini, akumulasi pasien positif di wilayah ini menjadi 366 orang. Rinciannya, 17 dirawat disejumlah rumah sakit, 76 menjalani isolasi mandiri, 263 sembuh dan 12 meninggal.


Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, empat tambahan terkonfirmasi positif ini, semuanya perempuan dan memilih untuk menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari petugas gugus tugas Kabupaten, satgas Kecamatan dan Desa. "Empat positif hari ini adalah semua perempuan. Mereka berasal dari Kecamatan Salaman, Mungkid, Ngablak dan Pakis. Untuk usianya, 28, 27, 48 dan 60 tahun. Mereka terpapar karena mayoritas kontak erat dengan pasien positif sebelumnya, namun ada juga yang memiliki riwayat perjalanan dari Semarang. Ini yang dari Salaman," katanya.


Sementara peta sebaran pasien positif diwilayah ini, lanjut Nanda, saat ini ada 17 dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19 diwilayah ini. Paling banyak Kecamatan Mertoyudan dengan 24 orang. Kemudian Kecamatan Windusari ada 11 orang, disusul Grabag dan Secang dengan 9 orang. Kemudian Borobudur, Mungkid dan Tegalrejo ada 7, 5 dan 4 orang. "Untuk Kecamatan Salaman, Ngluwar dan Ngablak, masing-masing ada 3 orang. Selanjutnya, Kecamatan Muntilan, Bandongan, Kaliangkrik, Pakis dan Candimulyo, masing-masing ada dua orang. Untuk Kecamatan Tempuran dan Srumbung, hanya ada satu pasien," sebutnya.


Sedang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), saat ini ada lima tambahan baru. Mereka berasal dari Kecamatan Windusari, Tempuran, Srumbung, Secang dan Candimulyo. Selain itu juga ada satu PDP yang alih status menjadi meninggal, yakni warga Dukun. Namun demikian, saat ini juga ada tiga PDP yang sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Salaman, Muntilan dan Kajoran. "Dengan tambahan lima baru, satu meninggal dan tiga sembuh itu, jumlah kumulatif PDP saat ini menjadi 518 orang. Rinciannya, 22 dirawat dirumah sakit, 435 sembuh dan 61 meninggal," lanjutnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbup Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan. Diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar