Lawan Hoax di Masjid, Bawaslu Segera Luncurkan 'Khotbah Jumat'

Dilihat 1253 kali
Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, M. Habib Shaleh

BERITAMAGELANG.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Magelang akan segera meluncurkan naskah Khotbah Jumat. Hal ini terkait penyebaran berita-berita yang belum tentu kebenarannya (hoax), khususnya di lingkungan Masjid di Magelang. 


Habieb menjelaskan materi naskah Khotbah Jumat akan disisipkan mengenai ajakan atau himbauan untuk mensukseskan Pemilu bersih dan berintegritas.


"Tentunya untuk memberikan ajakan untuk menolak hoax, money politik, dan SARA. Hal ini juga bertujuan untuk memperkaya wawasan teman-teman para khotib terkait dengan pemilu," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, M. Habieb Shaleh, Senin (18/02).


Belajar dari pengalaman penyebaran tabloid 'Indonesia Barokah', ada penyebaran hoax di masjid dan pesantren. Artinya, lanjut Habib, masjid dan pesantren menjadi salah satu sasaran kampanye hitam. 


"Dari pengalaman ini, kami mencoba melawan penyebaran berita hoax atau kampanye hitam di lingkungan masjid dan pesantren dengan 'Naskah Khotbah Jumat.


Agar hal tersebut juga berkompeten, maka naskah dan materinya akan diambilkan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Departemen Agama (Depag), dan Muhammadiyah," papar Habib.


Habib menambahkan, sebelum dibagikan ke masjid-masjid, akan ada proses redaksional pihak Bawaslu terkait konten naskah yang akan diterbitkan. Langkah ini baru pertama kalinya akan dilakukan Bawaslu dan tidak semua masjid akan dibagikan naskah Khotbah Jumat ini. 


"Mungkin hanya 600 masjid yang kami nilai berpotensi menjadi sasaran kampanye hitam dan penyebaran berita hoax, mengingat masjid di Kabupaten Magelang mencapai 2.600 jumlahnya," tutupnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar