Magelang Tawarkan Air Terjun Eksotis Negeri di Atas Awan

Dilihat 2834 kali
AIR TERJUN - Keindahan air terjun Mangli Kabupaten Magelang Jawa Tengah

BERITAMAGELANG.ID - Siapa sangka di ketinggian lereng Gunung Sumbing, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tersembunyi belasan air terjun cantik yang bisa membuat para traveller terpana, dan konon kesegaran dari setiap air terjun tersebut memiliki khasiat agar awet muda.


Bagai kerinduan seseorang terhadap pujaan hatinya, keindahan belasan air terjun Mangli memang menawan hati bagi setiap pengunjungnya. Berhawa sejuk di antara eksotik alam hamparan hutan pinus, rumput dan lahan pertanian yang masih asri memberikan ketenteraman setelah beraktivitas. Irama gemericik belasan air terjun Mangli seakan juga menawarkan kesejukan abadi yang membuat para pengunjung betah dan selalu ingin kembali datang.


Belasan air terjun Mangli seakan berada di antara negeri di atas awan, lokasinya tersebar di antara pemukiman warga tertinggi lereng Gunung Sumbing wilayah Kabupaten Magelang. Dibutuhkan waktu hanya sekitar 10 menit dari basecamp gardu pandang Desa Mangli untuk mencapai air terjun pertama. Kelok jalan setapak tanah berpagar rumput dan pohon pinus menjadi rute menuju lokasi pertama dari belasan air terjun yang ada di Desa Mangli.


"Perjalanan bagi pengunjung relatif mudah dijangkau dengan berjalan kaki. Lokasi air terjun pertama berada di antara lembah gunung Sumbing yang tidak jauh dari pemukiman warga," terang Prasetyo, pengelola wisata Desa Mangli.


Tak perlu khawatir, sambung Prasetyo, harga tiket mengunjungi sebelas air terjun cukup murah dengan fasilitas jasa pemandu dan jasa ojek.


"Setiap pengunjung hanya diwajibkan membayar tiket Rp 5.000 untuk kas pemuda. Kami juga menyediakan jasa ojek jika pengunjung enggan berjalan kaki. Jasa ojek tersebut bisa sekaligus sebagai pemandu wisatawan dengan mengganti ongkos bensin," imbuhnya.


Prasetyo menjamin, meski tiket murah para pengunjung akan puas menikmati suguhan eksotik setiap air terjun yang diberi nama tokoh pewayangan, seperti air terjun Bima, Werkudara, Janaka dan masih banyak lagi yang tersembunyi di alam Sumbing.


"Total ada 11 air terjun yang saat ini bisa dikunjungi, jumlah tersebut masih akan bertambah yang sementara ini masih dalam proses pembenahan," tutur Prasetyo.


Salah satu pengunjung asal Magelang, Ridwan mengaku puas dapat menjangkau ke sebelas air terjun Mangli. Lantaran ada sensasi panorama tersendiri pada setiap air terjunnya.


"Menikmati dari setiap air terjun di Mangli memberi kepuasan karena panorama alam berbeda-beda setiap lokasinya," ujar Ridwan.


Tak kalah berkesan, bagi Ridwan adalah kearifan warga setempat dalam menjaga kelestarian alam yang selama ini telah menjadi sumber kehidupan.


"Menurut warga, 11 air terjun memiliki khasiat bagi kesehatan, diyakini bisa membuat awet muda dengan membasuh muka atau mandi di salah satu air terjun yang ada," pungkas Ridwan.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar