Musrenbang Kecamatan Dukun Jaring Aspirasi dan Kebutuhan Masyarakat

Dilihat 1981 kali
Camat Dukun Bambang Hermanto, S.STP membuka Musrenbang Kecamatan Dukun tahun 2019.

BERITAMAGELANG.ID - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Dukun 2019 diselenggarakan di Kantor Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (19/02). 


Musrenbang merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi di wilayah setempat.


Camat Dukun Bambang Hermanto, S.STP menjelaskan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan didahului dengan Musrenbang tingkat desa, bahkan diawali dengan Musyawarah Dusun setiap tahunnya.


"Jangan sampai hanya menjadi sebuah agenda rutin atau agenda yang hanya berhenti pada acara seremonial saja. 


Bapedda Kabupaten Magelang selalu berinovasi bagaimana caranya agar masyarakat tidak jenuh dan tidak hanya merasa diiming-imingi oleh janji atau sebuah usulan yang itu akan terelalisasikan atau tidak kita tidak tahu," tegas Bambang.


Kepala Bidang Tata Ruang, Pengembangan Wilayah dan Infrastruktur Didik Kristia Sofian, S.Kom, M.Sc memaparkan Visi RPJMD Kabupaten Magelang 2019-2024 adalah 'Sedaya Amanah' (Sejahtera, Berdaya Saing dan Amanah).


"Hal ini mengandung pesan bahwa semua pemangku kebijakan kepentingan di semua tingkatan harus menjaga amanah untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Magelang yang Sejahtera, Berdaya Saing dan Amanah," paparnya.


Didik menambahkan, Visi tersebut diterjemahkan dalam tiga misi, yakni Meningkatkan Kualitas Kehidupan Masyarakat yang Sejahtera dan Berakhlak Mulia; Meningkatkan Daya Saing Daerah yang Berbasis Pada Potensi Lokal Dengan Tetap Menjaga Kelestarian Lingkungan; dan Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Amanah.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar