Pemkab Magelang Beri Bantuan Alsintan Pada 77 Kelompok Tani

Dilihat 1802 kali

BERITAMAGELANG.ID - Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Bupati diwakili Sekda Kabupaten Magelang menyerahkan bantuan alat pertanian kepada petani Kabupaten Magelang sebanyak 77 unit yang dilaksanakan secara simbolis di Pendopo Drh. Soepardi, Rabu (11/1/2023).


Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto menyampaikan bahwa pertanian merupakan salah satu sektor unggulan di Kabupaten Magelang. Sektor ini digarap lebih dari 50% penduduk Kabupaten Magelang yang berkontribusi secara signifikan dalam menggerakan perekonomian. 


Berdasarkan RPJMD, pertanian merupakan salah satu sektor unggulan di Kabupaten Magelang. Sehingga Pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan dan memberikan perhatian lebih pada sektor pertanian.


"Tujuan pembangunan pertanian yang telah ditetapkan meliputi 3 hal. Yang pertama pemenuhuan kebutuhan pangan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan pertanian, meningkatkan ekspor," kata Adi.


Ia menambahkan, berbagai inovasi telah dilakukan demi kesejahteraan petani. Diantaranya reformasi pertanian, intensifikasi produksi, dan peningkatan akses pasar yang menjadi upaya nyata yang harus diimplementasikan pelaksanaanya di lapangan secara konsisten.


"Ketangguhan sektor pertanian di masa krisis beberapa waktu yang lalu tentunya tidak dapat dilepaskan dari kerja keras, sinergitas dari para insan pertanian dan komitmen yang erat dari pemerintah pusat maupun daerah," papar Adi.


Adi mengatakan pembangunan pertanian nasional tidak akan bisa digerakan tanpa kerja bersama. Kerja sama tersebut dilaksanakan dengan sudah terintegrasi dan kolaboratif antara semua stakeholderterkait. Performa dari sektor pertanian menjadi andalan selama pandemi dalam proses pemulihan ekonomi nasional.


"Besarnya tantangan yang dihadapi saat ini khususnya saat pandemi kemarin yang masih kita rasakan imbasnya, sehingga menuntut kita untuk berpikir kreatif untuk menciptakan trobosan yang dapat membantu kita beradaptasi dengan perubahan-perubahan situasi dan kondisi di masyarakat," tambah Adi.


Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Romza Ermawan mengatakan penyerahan alat mesin pertanian ini diberikan secara simbolik yang diawali dengan adanya beberapa dasar pelaksanaan.


Romza menambahkan sumber dana yang diterima merupakan alokasi dari DBHCHT untuk para petani Kabupaten Magelang yang menerima bantuan alat tani tersebut.


"Sebanyak 77 unit yang terbagi menjadi kulltivator 53 unit, alat angkut roda tiga sebanyak 22 unit, alat angkut roda empat sebanyak 2 unit. Bantuan tersebut nantinya disasarkan kepada 77 kelompok tani di Kabupaten Magelang," imbuhnya.


Supriyono, perwakilan Kelompok Tani Sedyo Mulyo, Batur, Wonolelo, Sawangan sebagai salah satu yang menerima bantuan merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan kultivator yang diberikan Pemerintah Kabupaten Magelang.


"Bantuan itu sangat membantu kami dalam upaya meningkatkan hasil pertanian tembakau. Dengan alat ini kita bisa lebih cepat dalam menggarap lahan tembakau," kata Supriyono.


Pemerintah Kabupaten Magelang berharap dengan adanya bantuan alat pertanian dapat menjadi sarana strategis untuk meningkatkan produktivitas pertanian sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pertanian mengingat adanya kelangkaan tenaga kerja pertanian di beberapa tempat.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar