Pemkab Magelang Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2024

Dilihat 1559 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin membuka forum konsultasi publik rancangan awal RKPD 2024 melalui video conference dari Rumah Dinas Bupati Magelang, Kamis (12/1/2023). Bupati mengatakan Forum Konsultasi publik merupakan sarana yang penting bagi Pemerintah Kabupaten Magelang dalam mewujudkan perencanaan pembangunan Kabupaten Magelang tahun 2024.


"Sehubungan akan berakhirnya masa berlakunya RPJMD Kabupaten Magelang 2019-2024, maka konsultasi publik ini menjadi sarana yang penting untuk berkonsolidasi dan bersinergi guna merealisasikan target-target yang harus dicapai," kata Zaenal.


Melihat data indikator makro yang telah dirilis oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Magelang, lanjutnya, angka kemiskinan di Kabupaten Magelang pada 2022 mengalami penurunan dari 2021 sebesar 11,91% menjadi 11,09% di tahun 2022.


"Sedangkan indeks pembangunan manusia pada 2022 mengalami kenaikan menjadi 70,85 dari tahun 2021 sebesar 70,12. Kemudian indikator tingkat pengangguran terbuka telah mencapai 4,97%, dimana angka ini lebih baik jika dibandingkan dengan tahun 2021 lalu sebesar 5,03%," tambahnya.


Zaenal berpesan kepada para kepala perangkat daerah agar mencermati kembali target-target indikator kinerja yang telah ditetapkan sekaligus mengupayakan berbagai langkah inovatif agar target dapat tercapat pada akhir periode RPJMD.


Dalam upaya tecapainya target perencanaan pembangunan tahun 2024, Zaenal menegaskan beberapa hal penting kepada para kepala OPD.


Pertama, para kepala perangkat daerah untuk mencermati kembali target Dasa Cita dan target-target kinerja yang telah ditetapkan dalam RPJMD, kemudian lakukan langkah-langkah strategis tentunya dengan dukungan perencanaan dan penganggaran yang matang. 


Kedua, meningkatkan sinergitas, baik internal perangkat daerah, antar perangkat daerah, maupun dengan stakeholders yang lain. 


"Terakhir, semua pihak diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas dan inovasi. apalagi dengan dilaksanakannya penyederhanaan birokrasi, maka inovasi dari ASN menjadi tuntutan agar pelaksanaan pekerjaan berjalan optimal," pesannya.


Sekretaris Bappeda Litbangda Kabupaten Magelang, Agus Widodo menyampaikan penyusunan RKPD ini dilalui dengan adanya proses inventarisasi, klasifikasi, sinkronisasi, dan seleksi usulan program/kegiatan yang terpadu dimulai dari tahapan Musrenbang Desa/Kelurahan, Forum Konsultasi Publik, Musrenbang Kecamatan, Rapat Teknis, Forum Perangkat Daerah dan Forum Rumpun Perangkat Daerah serta Musrenbang Kabupaten.


"Keseluruhan proses ini memerlukan koordinasi antar satuan kerja dan partisipasi aktif dari seluruh pelaku pembangunan, untuk mewujudkan Visi dari Kabupaten Magelang yaitu Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Magelang yang Sejahtera, Berdaya Saing dan Amanah (Sedaya Semanah)," kata Agus.


Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD ini dilaksanakan secara operasional yang mendasari pada ketentuan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 dan secara teknis berpedoman dari surat edaran Bupati Magelang Nomor : 050/1712/24/2022 tanggal 11 November 2022 tentang Arah Kebijakan dan Prioritas Pembangunan serta Pedoman Penyelenggaraan Musrenbang RKPD Tahun 2024.


Agus menerangkan maksud dari pelaksanaan forum konsultasi publik ini adalah untuk menginformasikan kepada para pemangku kepentingan rancangan awal RKPD 2024 yang telah disusun secara teknokratik. 


"Forum Konsultasi Publik ini diharapkan dapat mengakomodir masukan dan aspirasi stakeholder guna penyempurnaan Rancangan Awal RKPD menjadi Rancangan RKPD sebagai bahan dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Tahun 2024," harapnya.


Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto didampingi Kepala Bappeda Litbangda, M. Taufiq Hidayat beserta sejumlah kepala OPD mengikuti forum ini dari Command Center Pusaka Gemilang. DPRD Kabupaten Magelang, Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Bappeda Kabupaten/Kota tetangga, 26 Kantor Perangkat Daerah dan 21 Kantor Kecamatan, serta pemangku kepentingan lainnya mengikuti Forum Konsultasi Publik secara daring dari kantor masing-masing.


Forum konsultasi dilanjutkan dengan paparan materi Rancangan Awal RKPD Kabupaten Magelang Tahun 2024 oleh Kepala Bappeda Litbangda, M. Taufiq. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel yang dipandu Sekda Adi Waryanto.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar