Peternak Rela Jalan Sejauh 7 KM Untuk Mencari Rumput

Dilihat 2290 kali
Peternak lereng gunung Merapi Kecamatan Dukun harus rela mencari rumput sejauh 7 km untuk pakan ternak.

BERITAMAGELANG.ID - Para peternak di wilayah Desa Krinjing, Babadan I dan Paten Kecamatan Dukun lereng Gunung Merapi, kini kesulitan mendapat pakan ternak khususnya rumput segar. Sebab rumput yang biasanya tumbuh di ladang-ladang di desa setempat, banyak tertutup abu vulkanik, sebagai dampak guguran awan panas Gunung Merapi yang terjadi pada Sabtu (11/3/2023) lalu.

Peternak harus rela berjalan sejauh 7 km untuk mendapatkan rumput yang tidak terlalu tertutup abu vulkanik.

Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat Desa Krinjing, Dukun, Ari Kenang Riyadi yang dihubungi mengatakan, kondisi yang terjadi pasca guguran awan panas, banyak rumput yang tertutupabu vulkanik akibat diguyuran hujan abu. Hal itu menyebabkan ternak tidak mau makan. "Ternak jadi enggan makan rumput yang banyak  abu vulkaniknya," kata Riyadi.

Dia menjelaskan, saat ini di Desa Krinjing terdapat 1.262 ekor ternak yang sebagian besar merupakan ternak sapi.

Untuk mengantisipasi tidak adanya pakan rumput segar, para peternak memberikan makanan berupa komboran ( bekatul yang dicampur air). Namun untuk mencukupi kebutuhan pakan, maka peternak harus rela mencari rumput dan damen ke desa tetangga sejauh 7 km dari Desa Krinjing. "Itu juga kalau persediaan damen masih ada," ujarnya.

Pemerintah Desa Krinjing  telah berupaya untuk membantu para pemilik ternak mendapatkan pakan ternak. Salah satunya dengan meminta bantuan ke Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, untuk membantu penyediaan rumput pakan ternak.

Mengetahui kondisi yang dialami peternak lereng merapi,  sejumlah  Relawan Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang membantu memberi bantuan berupa rumput bagi para peternak di lereng Merpai khususnya di Kecamatan Dukun. Mereka merasa terpanggil untuk meringankan beban para peternak yang sedang kesulitan mencari pakan.

Saleh Gumbiro, ketua Relawan Banyurojo (Bravo) mengaku telah menyalurkan pakan ternak ke Dusun Babadan I dan Paten Kecamatan Dukun. Sudah dua rit pakan ternak di salurkan dengan diangkut menggunakan mobil bak terbuka. Jenis rumput yang diberikan yakni rumput kalanjana dan rumput biasa.

Saleh menyebutkan,  di Dusun Babadan 1 hewan ternak sapi yang dipelihara warga setempat sebanyak 566 ekor sapi dan 15 ekor domba.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar