POPDA Kabupaten Magelang Diikuti 6.000 Atlet

Dilihat 2724 kali

BERITAMAGELANG.ID - Ribuan pelajar Kabupaten Magelang bertanding dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kabupaten Magelang 2023. Tercatat sebanyak 6.000 atlet SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA tingkat Kabupaten Magelang akan adu prestasi dalam perhelatan olahraga tersebut. 


POPDA tahun ini akan dilaksanakan selama 5 hari mulai 20-25 Februari 2023. Peserta yang mengikuti POPDA adalah atlet pelajar siswa siswi SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA di Kabupaten Magelang dengan jumlah 13 cabang olahraga (cabor), diikuti 6.000 atlet, dan 288 orang Panpel, wasit dan juri.


Bupati Magelang, Zaenal Arifin menyampaikan kegiatan POPDA sempat terhenti sekitar 2 tahun lamanya akibat pandemi Covid-19, dan baru bisa digelar kembali tahun ini. 


Menurutnya, dengan digelarnya kembali ajang pesta olahraga daerah (POPDA) ini bisa menjadi momentum kebangkitan prestasi dan menyongsong masa depan yang lebih baik lagi melalui generasi muda (para pelajar) di Kabupaten Magelang.


"Tentunya POPDA ini dikhususkan untuk para pelajar supaya bisa menunjukkan apa yang sudah dilatih selama ini. Saya berpesan, bertanding boleh untuk meraih kemenangan tetapi juga harus tetap menjaga sportivitas," kata Zaenal Arifin usai membuka kegiatan POPDA tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2023 di GOR Gemilang, Senin (20/2).


Ia berharap, melalui ajang olahraga ini bisa menjadi titik kebangkitan ekonomi dan yang lainnya, karena kegiatan ini akan berdampak efek pada sisi ekonomi secara tidak langsung dan menjauhkan dari kata resesi dan inflasi.


Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora), Slamet Ahmad Husein dalam laporannya menyampaikan olahraga merupakan bagian dari program pembangunan manusia Indonesia seutuhnya yang harus diselenggarakan dengan cara bertahap, berjenjang dan berkesinambungan mulai usia dini hingga dewasa, demi tercapainya sasaran prestasi di tingkat, provinsi, nasional dan internasional.


Maksud dan tujuan diselenggarakannya POPDA tingkat Kabupaten Magelang tahun 2023 ini diantaranya untuk memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan, menyalurkan minat bakat pelajar di bidang olahraga, dan mengukur pembinaan olahraga pelajar di tingkat Provinsi Jawa Tengah.


"Untuk lokasinya ada di beberapa tempat diantaranya cabang atletik lokasinya (pertandingannya) di SMA Taruna Nusantara, bola voli di lapangan drh Soepardi, Taekwondo di GOR Gemilang, tenis meja di balai Desa Sawitan, sepak bola di Stadion Gemilang dan SMA TN, pencak silat di GOR Polresta Magelang, panahan di lapangan Desa Mungkid, dan sepak takraw di GSG Borobudur," papar Husein.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar