PPPKMI Magelang Gelar Aksi Edukasi Kesehatan di SMK Bumantara Muntilan

Dilihat 1861 kali
Senam bersama PPPKMI Cabang Magelang dan civitas SMK Bumantara Muntilan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 58

BERITAMAGELANG.ID-Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) atau Indonesian Society for Health Promotion and Education (ISHPE) adalah organisasi profesi yang beranggotakan ahli dan tenaga promosi kesehatan di Indonesia atau yang biasa dikenal dengan tenaga Penyuluh Kesehatan Masyarakat. Dibentuknya PPPKMI pada 14 Februari 1988 adalah untuk memberikan kesempatan kepada tenaga promosi kesehatan dalam berbagi gagasan dan pengalaman untuk meningkatkan profesionalisme di bidang promosi kesehatan di Indonesia. Dan pada tahun 2013, PPPKMI secara resmi menjadi anggota International Union on Health Promotion and Education (IUHPE), sebuah organisasi promosi dan edukasi kesehatan di dunia.

Visi PPPKMI adalah “mewujudkan tenaga promosi kesehatan yang tanggap, bermutu, dan beretika dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan demi tercapainya masyarakat sehat sejahtera dan mandiri” diharapkan PPPKMI dapat menjadi garda terdepan promotor kesehatan.

PPPKMI terdiri dari Pengurus Pusat, Pengurus Daerah dan Pengurus Cabang. Pada tahun 2018 di Magelang terbentuk Organisasi Profesi PPPKMI yang dipimpinan M. Zaenal, SKM, M.Kes. "PPPKMI cabang Magelang sudah terbentuk sejak 2018 lalu dan selalu berupaya mengembangkan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ilmu dan seni promosi dan pendidikan kesehatan kepada masyarakat," kata Zaenal disela-sela kegiatan bakti sosial di SMK Bumantara Muntilan pada Senin 14 Novenber 2022.

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 58 tahun 2022, PPPKMI cabang Magelang ikut berpartisipasi melaksanakan kegiatan bakti sosial di SMK Bumantara Muntilan Kabupaten Magelang  mengusung tema HKN “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku” dengan peserta siswa dan siswi SMK Bumantara. Kegiatan yang dilaksanakan  mengacu pada program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

"Selain program GERMAS, kita juga mengadakan kegiatan Senam Sehat Bersama, Makan Buah, dan Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi ratri (remaja putri)," terang Zaenal.

Bakti Sosial juga diisi dengan pemberian Edukasi kesehatan tentang 7 Langkah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yaitu Melakukan Aktivitas Fisik, Budaya Konsumsi Buah dan Sayur, Tidak Merokok, Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol, Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Berkala, Menjaga Kebersihan Lingkungan dan Menggunakan Jamban. Selain itu pemberian edukasi kesehatan mengenai Kesehatan Mental dimana peserta diajarkan cara mengendalikan emosi yang timbul dari dalam diri. Edukasi kesehatan dilengkapi juga tata cara cuci tangan 6 langkah dengan benar dan Etika batuk. 

PPPKMI Magelang selain sebagai organisasi profesi, PPPKMI juga merupakan ujung tombak dalam Promosi Kesehatan kepada masyarakat. Kedepan PPPKMI Magelang akan terus berupaya berpartisipasi dalam kegiatan  promosi kesehatan di Magelang. Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh siswa siswi SMK Bumantara. 

"Semoga PPPKMI Magelang dapat selalu mengajak dan mendampingi masyarakat Magelang untuk berperilaku hidup sehat," pungkas Zaenal

Salam Promkes…Makan Sehat..Jalan Sehat..Pikir Sehat…(Nurdiani Risma Dewi, SKM/PPPKMI Magelang)

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar