Satu Nakes Terkonfirmasi Positif Covid-19, Dari Empat Pasien Positif Covid-19

Dilihat 2428 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Senin (21/9/2020) bertambah empat orang. Dua diantaranya warga Kecamatan Mungkid dan masing-masing satu orang dari Kecamatan Bandongan dan Salam. Namun demikian, saat ini juga ada lima pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Tiga diantaranya warga Kecamatan Mungkid, dan dua orang dari Windusari dan Srumbung.


"Untuk empat tambahan baru itu, tiga diantaranya perempuan usia 31, 61 dan 25 tahun. Dua berasal dua dari Mungkid dan seorang dari Bandongan serta satu laki-laki usia 34 tahun warga Salam. Satu diantara mereka, yakni perempuab usia 25 tahun warga Bandongan, merupakan tenaga medis di salah satu rumah sakit swasta di Kota Magelang. Untuk yang sembuh, terdiri dari tiga laki-laki usia 11, 43, dan 34 tahun serta dua perempuan usia 48 dan 45 tahun. Dengan tambahan empat baru dan sembuh lima orang ini, jumlah akumulasi pasien positif menjadi 399 orang. Rinciannya 21 dirawat, 80 menjalani isolasi mandiri, 285 sembuh dan 13 meninggal," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara peta sebaran pasien positif di wilayah ini, lanjut Nanda, saat ini ada 19 dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19 diwilayah ini. Paling banyak Kecamatan Mertoyudan dengan 22 orang. Kemudian Kecamatan Secang dengan 12 orang dan masing-masing 10 orang dari Kecamatan Grabag dan Candimulyo. Kemudian di Kecamatan Borobudur ada 7 dan Kecamatan Salam serta Tegalrejo masing-masing ada 5 orang. Untuk Kecamatan Mungkid, Bandongan, dan Ngablak, masing-masing ada 4 orang. Selanjutnya di Salaman, Tempuran dan Pakis dengan masing-masing tiga orang. "Untuk Kecamatan, Windusari, Muntilan dan Ngluwar, masing-masing ada dua orang. Sedang di Kajoran, Dukun, dan Kaliangkrik, ada satu orang," sebutnya.


Sedang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), saat ini ada lima tambahan baru. Mereka berasal dari Kecamatan Salaman, Mertoyudan, Borobudur, Secang dan Candimulyo. Meski demikian, saat ini ada dua yang sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Borobudur dan Secang. "Dengan tambahan lima baru dan dua sembuh itu, jumlah kumulatif PDP saat ini menjadi 524 orang. Rinciannya, 15 dirawat dirumah sakit, 447 sembuh dan 62 meninggal," lanjutnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbup Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan. Diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar