Tambah Lagi 6 Pasien Positif Covid-19, Namun Hari Ini 4 Yang Dinyatakan Sembuh

Dilihat 2269 kali
ilustrasi. rekanbola.com

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang bertambah enam orang pada Rabu (16/9/2020). Tiga diantaranya berasal dari Kecamatan Tegalrejo, dua dari Mertoyudan dan seorang dari Kecamatan Bandongan. Selain itu juga ada satu pasien positif asal Mertoyudan, yang meninggal. Namun demikian, saat ini ada empat orang pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Tempuran, Srumbung, Pakis dan Kajoran. 


"Untuk tambahan positif itu, lima diantaranya perempuan. Mereka berusia 52, 50, 57, 41 dan 64 tahun. Asalnya, dua orang dari Kecamatan Tegalrejo dan Mertoyudan serta satu orang dari Bandongan. Untuk satu-satunya tambahan laki-laki, usia 44 tahun, warga Tegalrejo. Semuanya terpapar karena kontak erat dengan pasien positif sebelumnya. Untuk yang meninggal, adalah seorang perempuan usia 57 tahun asal Mertoyudan. Dengan tambahan enam, satu meninggal dan empat sembuh ini, jumlah kumulatif pasien positif ada 362 orang. Rinciannya, 15 dirawat di rumah sakit, 72 menjalani isolasi mandiri, 263 sembuh dan 12 meninggal," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara peta sebaran pasien positif di wilayah ini, lanjut Nanda, saat ini ada 17 dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19. Untuk jumlah paling banyak Kecamatan Mertoyudan dengan 24 orang. Kemudian Kecamatan Windusari ada 11 orang, disusul Grabag dan Secang dengan 9 orang. Kemudian Borobudur ada tujuh orang. "Untuk Kecamatan Mungkid dan Tegalrejo, masing-masing ada empat orang. Sedang di Bandongan dan Ngluwar, masing-masing ada 3 orang. Selanjutnya, Kecamatan Salaman, Muntilan, Ngablak, Kaliangkrik dan Candimulyo, masing-masing ada dua orang. Untuk Kecamatan Tempuran dan Srumbung serta Pakis, hanya ada satu pasien," sebutnya.


Sedang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), saat ini ada lima tambahan baru. Mereka berasal dari Kecamatan Salaman, Mertoyudan, Borobudur, Tempuran dan Ngablak. Namun demikian, saat ini juga ada tiga PDP yang sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Kajoran, Tempuran dan Candimulyo. "Dengan tambahan lima baru, tiga sembuh itu, jumlah kumulatif PDP saat ini menjadi 513 orang. Rinciannya, 21 dirawat dirumah sakit, 432 sembuh dan 60 meninggal," lanjutnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbup Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang Pendisiplinan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan. Diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar