Tekan Angka Stunting, Dispeterikan Gelar Pasar Ikan Murah

Dilihat 1271 kali
Dispeterikan Kabupaten Magelang gelar pasar ikan murah di Ngablak

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) Kabupaten Magelang, menggelar Pasar Ikan Murah di 10 desa. Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah menggalakkan program  gemar makan ikan dan menekan angka stunting.


Kepala Dispeterikan Kabupaten Magelang, Sri Hartini, Selasa (18/2/2020) mengatakan, Pasar Murah dilaksanakan pada 10 hingga 18 Februari 2020.


Desa-desa yang disasar diantaranya Jogonayan dan Genian Kecamatan Ngablak. Dua desa itu terletak di pegunungan. 


"Kita sasar masyarakat yang tinggal di pucuk gunung di kecamatan Ngablak," terang Sri Hartini.


Menurutnya, di kecamatan itu ada empat desa stunting yang ditentukan Dinas Kesehatan. 


"Namun kita memilih dua desa untuk lokasi pasar murah," katanya.


Sebelumnya, Dispeterikan telah menggalakkan program Gerimis Telur, yakni dengan memberikan susu dan telur kepada sekitar kurang lebih 2.700 siswa, bekerja sama dengan Dinas Perindustrian. Kini pihaknya menyasar pada orang tua siswa agar bisa menikmati ikan dengan harga murah. 


Jenis ikan yang dijual murah, seperti lele yang dijual dengan harga Rp 11 ribu/kg. Sedangkan harga di pasaran Rp 22 ribu/kg.


Menurut Hartini, sasarannya untuk 1.000 Kepala Keluarga (KK).


"Pada awalnya kita menganggarkan 1.000 kg ikan lele untuk 1.000 keluarga. Namun, karena masyarakat membeli dengan separuh harga jadi kita bisa menarget untuk 2.000 KK," ujarnya. 


Di sisi lain, pihaknya juga menggandeng para pengusaha lele di wilayah Kabupaten Magelang, agar terus meningkatkan produksi ikan lele. Hal itu sebagai upaya membantu masyarakat menurunkan angka stunting.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar