Anak Muda Ini Jadi Kades Untuk Majukan Desanya

Dilihat 12343 kali
Adidaya Perdana

BERITAMAGELANG.ID - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap 3 di Kabupaten Magelang tahun 2019 baru saja usai. Para Kades terpilih pun sudah dilantik oleh Bupati Magelang di Pendopo Soepardi, Kota Mungkid, Rabu (8/1/2020).


Menariknya, pada Pilkades serentak ini banyak generasi muda yang ikut berpartisipasi dalam kontestasi pemilihan kepala desa. Tak sedikit dari calon kepala desa terpilih di Kabupaten Magelang adalah generasi muda berusia produktif, salah satunya adalah kepala desa terpilih dari Desa Margoyoso, Kecamatan Salaman, Adidaya Perdana (29).


Adidaya Perdana merupakan generasi muda (milenial) yang sukses meraih kemenangan mutlak dengan perolehan sebanyak 774 suara di desanya, mengalahkan 4 kandidat kepala desa yang lain.


Menurutnya, saat ini banyak bermunculan Kepala Desa yang usianya di bawah 30 tahun (usia produktif). Hal ini juga sebuah fenomena yang sering disebut dengan bonus demografi, dimana generasi usia produktif akan lebih banyak dan mendominasi dibanding usia non produktif.


"Saya rasa sekarang ini kaum atau generasi muda sudah mulai sadar tentang bagaimana membangun sebuah desa. Pemuda mulai ingin terlibat dalam proses pembangunan," ujar, Adidaya saat diwawancarai.


Untuk diketahui, Adidaya sendiri memang sudah kerap kali aktif diberbagai bidang keorganisasian di desanya. Bahkan sebelumnya ia juga tergabung dan menjadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Magelang.


Setelah terpilih menjadi Kepala Desa Margoyoso, Adidaya sendiri ingin mengajak generasi muda untuk melakukan pembangunan ekonomi dengan melibatkan perkembangan teknologi.


"Kita tahu bahwa di desa banyak generasi muda yang memiliki potensi untuk mengembangkan ekonomi, salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital seperti memasarkan potensi pariwisata dan yang lainnya," paparnya.


Ia juga berpesan kepada generasi muda yang lainnya di Kabupaten Magelang untuk tidak anti terhadap politik melainkan berani terlibat untuk bisa ikut menentukan arah kemajuan bangsa ini yang dimulai dari tingkat desa.


"Saya harap generasi muda harus lebih berani terlibat dalam proses politik, terutama dalam membangun desanya masing-masing. Jangan takut memberikan gagasan-gagasan untuk membangun bangsa ini yang dimulai dari desa," pungkas Adidaya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar