Ulang Tahun, Jeep Telomoyo Ajak Lansia Wisata Naik Jeep

Dilihat 2154 kali
Para lansia Kecamatan Ngablak menikmati keindahan embung Sikembang Pagergunung dengan moda transportasi jeep wisata Telomoyo Explore.

BERITAMAGELANG.ID - Merayakan HUT ke 4, Telomoyo Jeep Explore memberikan baktinya kepada ibu-ibu usia lanjut atau lansia. Puluhan ibu-ibu yang tinggal di Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang, diajak berkeliling objek wisata seputar Ngablak dengan naik jeep.


Bisa dibayangkan keseruan para lansia saat menumpang jeep yang notabene kendaraan yang biasa digunakan kaum muda dan dewasa ini. Wajah-wajah ceria dan takut-takut tertangkap dari celotehan mereka saat dibawa naik jeep.


Menyusuri objek-objek wisata di wilayah Ngablak, seperti puncak gunung Telomoyo, kemudian hutan pinus Keditan dan berakhir di embung Sikembang Pagergunung. Di Telomoyo, para lansia diajak menikmati spot-spot yang indah seperti di 'Awang-awang". Sedangkan di embung Sikembang, mereka memanjatkan doa bersama bagi keberlangsungan wisata wilayah Ngablak dan juga kesehatan warga setempat.


Owner Telomoyo Jeep Explore, Mul Budi Santoso mengatakan, menginjak ulang tahun keempat jeep Telomoyo, dirinya sangat ingin menyenangkan para lansia yang tinggal di wilayah Ngablak. Keinginan itu menjadi bukti bakti dirinya selaku anak kepada orang tua.


"Apa yang saya lakukan ini tidaklah seberapa, namun ini menjadi bakti saya kepada para orang tua. Tanpa mereka, saya bukanlah apa-apa," ujarnya, Rabu (26/10/2022).


Di sisi lain, ia menginginkan agar para lansia di Ngablak memiliki pengalaman yang indah dan akan dikenang. Karena meskipun tinggal di Ngablak, belum tentu mereka sudah menikmati keindahan wisata yang sudah mulai tumbuh di wilayah Ngablak.


"Karena kesibukan mereka, jadi mungkin belum sempat keliling berwisata di wilayahnya sendiri, apalagi dengan menumpang jeep," imbuhnya.


Bodrek, panggilan akrabnya menambahkan, dirinya merasa sangat puas saat melihat keceriaan para lansia. Ia sengaja mengangkat tema anniversary ke 4 ini dengan "Berbagi Cinta Bersama Lansia" karena ingin membahagiakan para orang tua.


Bodrek mnambahkan, jeep yang berada di kawasan wisata gunung Telomoyo ini merupakan layanan transportasi wisata paket ke puncak Telomoyo. Saat  berdiri, dulu hanya ada 3 jeep. Namun saat ini sudah bertambah banyak menjadi 36 unit. Tahun 2023, akan ditambah lagi unitnya menajdi 50.


"Kita batasi 50 unit karena berkaitan dengan kapasitas manuver di puncak Telomoyo," ungkapnya.


Bodrek mengatakan, Jeep Explore Telomoyo saat ini sudah makin percaya diri melayani wisatawan  dengan banyaknya unit yang tersedia. Tarif menuju puncak Telomoyo juga masih terjangkau, yakni Rp400 ribu untuk sekali trip. Namun demikian, pihaknya menyediakan paket long trip dengan tarif Rp1 juta/unit dengan rute Telomoyo-Ketep Pass.


"Jadi kita mengkoneksikan Gunung Telomoyo dan Ketep Pass," ujarnya.


Sudah banyak wisatawan yang menikmati moda wisata ini, bahkan bus-bus besar banyak yang dilayani. Pihaknya juga sudah menjalin kerjasama dengan bir-biro perjalanan.


Jeep Telomoyo kini sudah menjadi daya tarik wisata tersendiri. Dengan jeep ini, wisatawan bisa mengeksplor dan berpetualang menyusuri tiga lereng gunung, yakni gunung Telomoyo, Merbabu dan Merapi.


"Jadi yang long trip dengan durasi 6 jam, kita koneksikan tiga wilayah daya tarik wisata di gunung Telomoyo, Merapi dan Merbabu," jelas Bodrek.


Jeep ini nantinya akan melayani perjalanan para wisatawan. Apalagi wilayah Ketep kini sudah semakin berbenah dan sekitarnya banyak objek-objek wisata penyangga, seperti kuliner, taman strawberry, warung kopi dan masih banyak lagi.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar