Unimma Gagas Program Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur'an Melalui KKN

Dilihat 925 kali

BERITAMAGELANG.ID - Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) berkomitmen untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang Islami. Salah satu program yang sudah dilaksanakan adalah pemberantasan buta aksara Al-Qur'an. Program tersebut masuk dalam rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian pada Masyarakat Terpadu (PPMT). 


Demikian disampaikan Zuhron Arofi, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Program KKN PPMT melalui keterangan rilis pada Jumat (20/1/2023). Tujuan dari program tersebut adalah mengentaskan masyarakat dari buta aksara Al-Qur'an. Kemudian memberikan motivasi dan kesadaran kepada masyarakat terkait pentingnya mencintai dan memahami Al-Qur'an. 


Dosen Fakultas Agama Islam Unimma tersebut menambahkan bahwa sebagai perguruan tinggi, Unimma memiliki komitmen untuk selalu memberikan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bidang, salah satunya adalah terkait pembangunan pendidikan karakter manusia. Tantangan dan dinamika kehidupan yang semakin beragam membutuhkan kemampuan dari setiap manusia dalam menghadapi sekaligus menemukan solusinya. 


"Solusi terhadap setiap persoalan hidup yang dihadapi oleh setiap manusia perlu senantiasa tetap berpedoman dan tidak bertentangan dengan ajaran agama, di sinilah pentingnya mencintai Al-Qur'an dengan adanya kemampuan membaca dan memahami maknanya serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari," pesannya.


Salah satu kegiatan KKN PPMT adalah di Dusun Gulon, Desa Gulon, Kecamatan Salam Kabupaten Magelang selama satu bulan dan telah selesai pada pertengahan Januari 2023. Unimma mengirimkan Tim KKN PPMT dalam kegiatan tersebut yakni  Zuhron Arofi selaku DPL sekaligus sebagai Ketua Program KKN PPMT, kemudian empat mahasiswa, yakni Eni Windi Minarsih, Winda Rustiyaningrum, Ghina Salsabila Tildjuir dan Salma Sabilla.


Kegiatan yang dilaksanakan antara lain pembelajaran baca Al-Qur'an, yang diajarkan adalah metode Iqro' Klasikal kemudian ada pengajian dengan tema "Mencintai Al Qur'an serta pentas seni oleh santri Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Sabilul Muhtadin Dusun Gulon.


Akhmad Hadar selaku Pembina TPA Sabilul Muhtadin menyampaikan terima kasih kepada Unimma yang telah memberikan ilmu terkait pembelajaran baca dan pemahaman Al-Qur'an.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar