Waspada!!! Hari Ini Tambah 13 Pasien Positif

Dilihat 17661 kali

BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 13 warga di Kabupaten Magelang, Kamis (10/9/2020), menambah daftar baru pasien terkonfirmasi positif. Empat diantaranya berasal dari Kecamatan Mertoyudan, dan masing-masing dua orang dari Kecamatan Ngablak, Bandongan dan Muntilan serta satu orang dari Kecamatan Ngluwar, Secang, Srumbung dan Kecamatan Candimulyo. Meski demikian, ada satu pasien positif yang dinyatakan sembuh berasal dari Kecamatan Borobudur.


Disebutkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, tambahan 13 pasien positif itu terdiri dari, enam perempuan dan tujuh laki-laki. Untuk enam perempuan itu, meliputi usia 40, 42 dan 34 tahun warga Bandongan, Muntilan dan Candimulyo. Kemudian dua perempuan warga Kecamatan Mertoyudan, usia 51 dan 14 tahun serta perempuan usia 28 tahun warga Secang.


"Untuk tujuh laki-laki, terdiri dari usia 26 dan 42 tahun dari Kecamatan Ngablak. Kemudian usia 67 dan 38 tahun dari Mertoyudan serta usia 59, 41dan 64 tahun, warga Kecamatan Muntilan, Ngluwar dan Bandongan. Pada umumnya, mereka terpapar covid-19 karena kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif sebelumnya," sebutnya.


Sedang satu pasien sembuh, lanjut Nanda, berasal dari Kecamatan Borobudur berusia 60 tahun. "Dengan tambahan 13 baru dan satu sembuh itu, jumlah kumulatifnya menjadi 307 orang. Meliputi 21 dirawat, 32 menjalani isolasi mandiri, 245 sembuh dan sembilan meninggal," ungkapnya.


Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada dua tambahan baru. Mereka berasal dari Kecamatan Grabag dan Dukun. Selain itu juga ada dua PDP yang alih status menjadi pasien positif. Yakni dari Kecamatan Muntilan dan Bandongan.


"Meski demikian, saat ini juga ada tiga PDP yang sembuh. Dua diantaranya berasal dari Kecamatan Secang dan seorang dari Salaman. Dengan tambahan dua, tiga pulang dan dua alih status itu, jumlah kumulatifnya menjadi 516 orang. Terdiri dari 45 dirawat, 412 sembuh dan 59 meninggal," jelasnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar