Bupati Magelang Imbau Masyarakat Untuk Tetap Waspada Dan Menjauhi Puncak Merapi

Dilihat 1039 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menjauhi puncak Merapi.

BERITA MAGELANG.ID- Bupati Magelang Zaenal Arifin mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjauhi puncak Merapi pasca terjadinya guguran awan panas pada hari Sabtu (11/3/2023) lalu sekira pukul 12.12 wib.

Zaenal menyampaikan bahwa, guguran awan panas Gunung Merapi kemarin mencapai kurang lebih sejauh 1,5 kilo meter dan terjadi beberapa kali. Untuk itu, sesuai dengan rekomendasi BPPTKG (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi) masyarakat yang melakukan aktivitas di seputaran Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) untuk sementara waktu tidak melakukan aktivitas di lokasi tersebut dan menghindari tempat-tempat yang bahaya.

"Semoga tidak ada lanjutannya (guguran Gunung Merapi) cukup sampai di sini. Kalaupun ada lanjutannya, ya kita harus prepare dan hati-hati," kata Zaenal saat diwawancarai usai mengikuti sidang paripurna DPRD Kabupaten Magelang, Senin (13/3/2023).

Apabila nantinya terjadi lanjutan guguran awan panas di puncak Merapi, Zaenal meminta agar jajaran TNI, Polri, Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang untuk selalu mempersiapkan segala sesuatunya.

Hingga saat ini, Zaenal mengatakan aktivitas masyarakat masih berjalan seperti biasa dan diimbau untuk menjauhi titik puncak Merapi saat ini.

Sementara terkait terjadinya dampak kerusakan pada hasil tanaman yang ditanam oleh masyarakat di sekitar lereng Merapi, Zaenal menjelaskan bahwa, pihak Kodim 0705/Magelang dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Magelang langsung melakukan aksi pembersihan abu vulkanik pada kawasan terdampak termasuk pada tanaman milik warga.

"Semoga segera turun hujan, sehingga kondisinya baik-baik saja," harap Zaenal.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar