Sebagian Sampah TPA Pasuruhan Dialihkan ke TPA Klegen Grabag

Dilihat 1847 kali
BERITAMAGELANG.ID - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang, Sarifudin menyampaikan, sebagian sampah di Kabupaten Magelang sudah tidak masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pasuruhan, Mertoyudan. Mulai Januari ini, pasokan sampah telah dialihkan ke TPA Klegen di Kecamatan Grabag.

Ia mengatakan, pengalihan sebagian sampah ke TPA Klegen ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi volume sampah di TPA Pasuruhan. Sepertiga dari total volume sampah yang masuk ke TPA Pasuruhan bakal dialihkan ke TPA Klegen.

Untuk diketahui, per hari TPA Pasuruhan menerima pasokan sampah mencapai 115 ton, sementara pada Januari 2023 TPA Pasuruhan telah menampung sampah sekitar 1.500 ton.

Untuk mengatasi permasalahan sampah tersebut, Sarifudin menyampaikan TPA Pasuruhan akan diubah menjadi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) pada 2024.

"TPA Pasuruhan akan ditutup awal bulan depan (Maret) sampai pembangunan TPST selesai. (Lalu) sampah akan masuk di Klegen," terangnya, Rabu (22/2).

Lebih lanjut, Sarifudin mengatakan TPST Pasuruhan akan berdiri di lahan seluas 5.000 meter persegi, di sinilah sampah akan diolah menjadi Refuse Derived Fuel (RDF). Sementara pembangunan TPST Pasuruhan akan mendapatkan pembiayaan dari Bank Dunia melalui program Indonesia Tourism Development Project (ITDP) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Ia menambahkan, terkait kondisi sampah yang menumpuk sekian lama di TPA Pasuruhan tersebut akan ditutup dengan biomembran.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar