Upaya Pencegahan Narkoba Penting Disampaikan Sejak Dini

Dilihat 1620 kali
Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun

BERITAMAGELANG.ID - Memasuki tahun ajaran baru di sekolah, pihak kepolisian melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan memutus mata rantainya. Hal tersebut dinilai lebih efektif dan efisien untuk dilakukan karena dapat mengurangi dampak dari penyalahgunaan narkoba.


Demikian disampaikan Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun saat ditemui di Mako Polres Magelang, Kamis (21/7/2022).


"Kalau kita mengungkap, menangkap, itu hanya akibatnya di permukaan saja. Yang lebih penting kita lakukan upaya pencegahan dengan sosialisasi sejak dini kepada kalangan pelajar," kata Sajarod.


Menurut Sajarod, hal itu menjadi tugas, tanggung jawab dan peran bersama antara Polri dan instansi terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Sosial dan BNN untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba.


"Peran orang tua sangat penting sekali untuk selalu mengawasi putra-putrinya," lanjutnya.


Masa Orientasi Siswa, disampaikan Sajarod, merupakan momen penting untuk dapat memberikan sosialisasi dan pemahaman terkait pengenalan lingkungan sekitar dan upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba. 


Karena di tahun ajaran baru tentunya siswa akan bertemu dengan lingkungan yang baru, orang yang baru sehingga harapannya mereka tidak memilih teman dan lingkungan yang salah.


"Harapannya siswa juga dapat mengetahui bagaimana cara mencegahnya. Jadi bukan hanya materi penyalahgunaannya saja," imbuhnya.


Menjelang Hari Anak Nasional 2022 pada 23 Juli besok, Kapolres memberikan pesan kepada siswa untuk tidak takut melapor jika menjumpai tindakan-tindakan yang mengarah kepada penyalahgunaan dan peredaran narkoba.


"Kami harap, siswa tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba apalagi dalam peredaran narkoba. Dan selalu gemakan Say No To Drugs," pesannya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar