Candi Borobudur Akan Buka Hingga Malam Hari

Dilihat 4081 kali
Candi Borobudur di Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

BERITAMAGELANG.ID - Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang Jawa Tengah akan segera dibuka hingga malam hari. Selain dapat menikmati kemegahan bangunan warisan dunia pada malam hari, wisatawan juga akan dimanjakan sejumlah wahana baru yang menarik.


"Rencananya Wisata At Night Special Borobudur' itu akan mulai diterapkan pada bulan April 2020 mendatang," kata General Manager Taman Wisata Candi Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana di kantornya, Jumat (31/01/2020).


Menurutnya, upaya wisata malam itu diharapkan menambah daya tarik wisatawan agar tinggal lebih lama di wilayah Magelang. Selain yang terpenting adalah memberi dampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. 


Konsep wisata malam Candi Borobudur itu berbeda dengan wisatawan reguler siang hari, dimana wisatawan dapat naik ke bangunan candi (zona I). Sementara pada malam hari, konsentrasi wisatawan hanya akan berada di zona dua yakni tidak naik ke atas candi.


Pelayanan tiket juga diperpanjang hingga pukul 21.00 WIB.


Sarana pendukung pun tengah dipersiapkan, seperti penambahan lampu penenerangan dan sejumlah wahana menarik serta pertunjukan budaya dengan latar belakang bangunan agung Candi Borobudur. 


"Tidak naik ke candi, hanya di pelataran zona dua. Nanti tersedia zona kuliner berkerjasama dengan pedagang kaki lima dan spot swafoto bagus," terang Sedana.


Demi kenyamanan, pihak PT TWCB juga akan menambah personil pengamanan di sejumlah titik. Sementara itu, terkait ancaman virus corona, hingga saat ini kawasan Candi Borobudur masih aman dengan jumlah wisatawan asal Cina dan Asia mencapai 1.000 orang lebih setiap harinya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar