Wisatawan Boleh Naik Candi Borobudur, Dibatasi 1.200 Orang Per Hari

Dilihat 10133 kali
Wisatawan naik ke candi Borobudur saat kajian terbuka yang dimulai hari ini, Rabu (22/3/2023).

BERITAMAGELANG.ID - Kabar gembira, wisatawan kini diperbolehkan naik candi Borobudur. Namun, jumlah yang naik masih dibatasi hanya 1.200 orang per hari. Batasan itu dilakukan karena saat ini masih dalam tahap uji coba terbuka yang dimulai sejak Rabu (22/3) hingga Jumat (14/4) mendatang. Wisatawan yang ingin naik ke struktur candi, diharuskan memesan tiket secara online melalui ticketcandi.borobudurpark.com.


GM PT Taman Wisata Candi Borobudur, Jamal Mawardi menjelaskan, wisatawan yang ingin naik candi boleh memesan secara online dari mana saja. Berbeda dengan saat dilakukan kajian tertutup, dimana wisatawan baru bisa melakukan reservasi online setelah berada di aera candi Borobudur.


Kajian terbuka ini dilaksanakan setelah evaluasi saat uji coba tertutup berlangsung dengan baik. 


"Dari hasil evaluasi diputuskan untuk dilanjut kembali ke fase berikutnya atau kajian lapangan terbuka," katanya.


Dalam kajian terbuka ini, kuota yang diperbolehkan naik dibatasi hanya 1.200 orang per hari. Hal itu sesuai dengan pedoman yang dikeluarkan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud. Durasi waktu hanya 8 jam, mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. 


"Namun substansi penting di sistem pembatasan ini adalah bersamaan di  monumen candi yang hanya 150 orang. Ini menjadi konsen kita dan dibagi menjadi tiga sesi, yakni pagi, siang dan sore," terangnya.


Pengunjung yang naik, akan dibatasi maksimal hanya satu jam di atas. Sedangkan untuk skema harga tiket, masih sama dengan saat kajian tertutup. Tiket untuk wisatawan domestik yang hanya sampai pelataran tetap Rp50 ribu dan Rp25 ribu/anak/pelajar. Kemudian ditambah Rp 70 ribu bagi yang akan naik, sebagai pengganti sandal upanat dan pemandu wisata.  


“Tapi khusus anak-anak atau pelajar masih belum masuk dalam kajian terbuka ini, karena kita masih perlu detailkan baik secara SOP, juga model upanat untuk pelajar. Jadi sementara masih fokus ke wisatawan dewasa atau 11 tahun ke atas. Untuk pelajar segmennya berbeda," katanya.


Sedangkan untuk wisman 25 USD/dewasa dan 15 USD/anak. Bila ingin naik ke struktur candi ditambah Rp80 ribu.


Setelah uji coba terbuka ini selesai, maka akan dilakukan evaluasi kembali. Dijelaskan pula, selama kajian tertutup dilaksanakan, pengunjung tertinggi terjadi pada 11 Maret, mendekati 1.200 orang. Jumlah ini karena kedatangan tamu kapal.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar