Tiga Pilar Siap Dukung Pemilu 2019

Dilihat 1319 kali
APEL. Dengan momentum Pemilu 2019, Apel Tiga Pilar Babinsa, Babinkamtibmas dan Kepala Desa/Lurah, siap sukseskan pemilu bersih dan adil.

BERITAMAGELANG.ID - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs Condro Kirono, MM.,  M.Hum., menyampaikan, dengan mengambil momentum pesta demokrasi, membuat tiga pilar pemerintah yaitu, Babinsa, Babinkamtibmas dan Kepala Desa/Lurah menjadi ujung tombak menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 

"Dengan momentum Pemilu 2019, tiga pilar Babinsa, Babinkamtibmas dan Kepala Desa/Lurah, akan didatangi bacaleg, karena suara ada di tingkat desa, semua harus dikawal dengan adil, agar rakyat dapat menyampaikan hak pilih lima tahun sekali dengan baik," ucap Kapolda Jateng dalam kegiatan Apel Tiga Pilar Babinsa, Babinkamtibmas dan Kepala Desa/Lurah di Artos Hotel, dengan peserta Forkompimda Kabupaten/Kota Magelang, Babinsa, Babinkamtibmas dan Kepala Desa/Lurah se Kabupaten/Kota Magelang, Caleg peserta pemilu Magelang Raya, serta KPU dan Bawaslu kota/Kabupaten Magelang,  Rabu (07/11).

Kapolda menjelaskan, Apel Tiga Pilar tersebut rutin dilaksanakan tiap tahun, dimana tahun lalu dipusatkan di Klaten. Namun dengan mengambil momentum Pemilu 2019, unsur pemerintah dan penyelenggara harus netral, termasuk tidak boleh kampanye di instansi pemerintah, sekolah dan tempat ibadah. 

"Masa kampanye cukup panjang hampir 6 bulan. Sebagai penyelenggara Pemilu KPU dan Bawaslu harus adil, seperti TNI Polri. Jangan kampanye di tempat ibadah.  Agama bukan untuk menyerang orang, tetapi untuk menundukan ego kita sendiri agar tidak egois," pesannya.  

Condro berharap, selama masa kampanye, meskipun ada persaingan antar peserta kampanye, tetapi iklim di masyarakat tetap sejuk. Dengan cara meredakan konflik,  mengangkat persamaan, bukan memperlebar perbedaan. 

"Jadi sebaiknya kampanyekan program-program saja, dan jangan sampai menjadi provokator," tandasnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto,  S.Sos., M.Si. menyampaikan pelaksanaan Pilkada 2018 berjalan aman tanpa gejolak di wilayah Jawa Tengah. Termasuk pelaksanaan di Kabupaten/Kota Magelang berjalan sukses. 

"Kesuksesan Pilkada 2018 tidak lepas dari semua unsur yang terlibat. Hingga dipuji Presiden Jokowi, karena minim gejolak pelaksanaan Pilkada di Jawa Tengah," ungkap Mayjen TNI Wuryanto. 

Mayjen TNI Wuryanto, juga menyampaikan, evaluasi tugas pokok tiga pilar tersebut apakah sudah dilaksanakan dengan sebagaimana mestinya. 

"Apakah Koramil sudah dilaksanakan dengan betul. Cukup banyak tugas yang dilaksanakan Babinsa, jangan sampai ada kegiatan masyarakat belum tersentuh pembinaan Babinsa," papar Mayjen TNI Wuryanto. 

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Deklarasi Damai peserta Pemilu Legislatif 2019.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar