Arsiparis Kabupaten Magelang Juara Teladan Nasional

Dilihat 1476 kali
Kepala ANRI, Imam Gunarto menyerahkan penghargaan pada Arsiparis Teladan Kabupaten Magelang, Agustina Dwi Krismayanti

BERITAMAGELANG.ID - Prestasi kearsipan Pemerintah Kabupaten Magelang benar-benar terbukti handal. Jika pada bulan Juni lalu, Bupati Magelang, Zaenal Arifin menerima anugerah kearsipan dari Menteri PAN-RB, Tjahyo Kumolo, kini Arsiparis bernama Agustina Dwi Krismayanti terpilih menjadi Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2021 untuk kategori Arsiparis mahir.


Kemenangan Arsiparis yang biasa dipanggil Titin tersebut tertuang dalam Keputusan Kepala Arsip Nasional RI Nomor 282  Tahun 2021 tentang Pemenang Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2021. Pengumuman Publikasi pemilihan Arsiparis teladan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala ANRI, Imam Gunarto. Demikian disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang Bela Pinarsi usai mengikuti acara penetapan Arsiparis teladan melalui Zoom meeting yang diselenggarakan bertepatan dengan Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Jakarta, Selasa (17/8/2021).


Keberhasilan Arsiparis yang saat ini bertugas di DPMPTSP Kabupaten Magelang tersebut mengungguli Arsiparis lain dari berbagai Kementerian dan beberapa Pemerintah Daerah. Di bawah Titin, tampil sebagai juara 2 adalah Alfu Mahar Syarofi, Arsiparis Penyelia dari Kementerian Lingkungan Hidup, dan Juara III diraih Winda Desrah, Arsiparis mahir dari Propinsi Sumatera Barat.


Kegiatan Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2021 sudah dimulai sejak Juni 2021. Sampai dengan batas akhir, jumlah pendaftar Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2021 sebanyak 51 orang. Dan dari jumlah tersebut, sebanyak 40 orang memenuhi syarat administrasi dan berhak mengikuti babak penyisihan.


Babak Penyisihan Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2021 dilaksanakan pada akhir Juli 2021, diikuti sebanyak 40 orang peserta dengan rincian 26 orang Arsiparis kategori keahlian dan 14 orang Arsiparis kategori keterampilan dari 19 Kementerian, Lembaga dan 11 Pemerintah Daerah Provinsi. Dari ke-40 peserta babak penyisihan, dipilih masing-masing 5 orang terbaik dari kategori keahlian dan 5 orang terbaik dari kategori keterampilan.


Babak Grand Final Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2021 dilaksanakan pada 16 Agustus  2021 diikuti 10 orang, yang terdiri atas: 5 (lima) orang Arsiparis Kategori Keahlian pewakilan Kementerian Kesehatan, Kementerian Ketenagakerjaan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, Badan Pengawas Obat dan Makanan, dan Provinsi Jawa Tengah. 


Sementara 5 (lima) orang Arsiparis Ketegori Keterampilan perwakilan Kementerian  Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Pusat Statistik, Provinsi Jawa Tengah, dan Provinsi Sumatera Barat.


Kepada para Pemenang Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional diberikan plakat, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Plakat, Piagam penghargaan, dan uang pembinaaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala ANRI, Imam Gunarto dan Deputi bidang Pembinaan Kearsipan, Sumrahyadi.



Kategori Keahlian


Prestasi Titin menjadi juara dalam Pemilihan Arsiparis Teladan Tingkat Nasional pada 2021 merupakan prestasi membanggakan bagi Kabupaten Magelang. Prestasi serupa pernah diraih oleh Ari Parwanti, arsiparis Dispuspa Kabupaten Magelang yang juga meraih pretasi sama sebagai juara arsiparis teladan nasional pada tahun 2015.


Sedangkan Pemenang Arsiparis Teladan Nasional kategori Keahlian, juara I (satu) diraih Rosa Delima Nilakusuma Wardani, Arsiparis Ahli Muda, Provinsi Jawa Tengah. Juara II (dua) Rani Pamungkas, Arsiparis Ahli Muda, Badan Pengawas Obat dan Makanan. Dan Juara III (tiga) Abid Zusriha Hasan, Arsiparis Ahli Muda, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan.


Pada kesempatan ini, Kepala ANRI, Imam Gunarto berharap para Arsiparis Teladan Nasional dapat menjadi agen perubahan dalam penyelenggaraan kearsipan. Imam Gunarto juga berharap agar para arsiparis untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kompetensi serta mengikuti perkembangan teknologi.


Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar