Bank Sampah Darlingsih Gelar Berbagai Kegiatan Peringati HPSN

Dilihat 480 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bank Sampah (BS) Darlingsih Karaharjan-Gunungpring memperingati Hari Peringatan Sampah Nasional (HPSN) 2024 dengan berbagai kegiatan, yaitu sarasehan pengelolaan sampah berkelanjutan dan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dengan jalan santai dan senam sehat yang diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu (2-3/3/2024).


Kegiatan ini merupakan wujud nyata warga Desa Gunungpring untuk mengedukasi serta menyebarluaskan kepedulian terhadap masalah sampah. Sesuai dengan Surat Edaran Menteri LHK Nomor 2 Tahun 2024 tentang Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, tema yang diusung tahun ini yaitu Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif.


Ketua BS Darlingsih, Ayu Krishna Marpanji mengatakan kegiatan ini bertujuan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2024. 


"Agar warga masyarakat juga lebih peduli terkait permasalahan sampah," harap Ayu.


Menurut Ayu, edukasi dan sosialisasi pemilahan dan kepedulian pengelolaan sampah mulai dari rumah tangga perlu digalakkan tanpa henti dan terus menerus. 


"Oleh karena itu kami secara rutin dan kontinyu mengadakan kegiatan rutin pengumpulan sampah setiap bulan dan sosialisasi kepada PKK RT/ RW," lanjutnya. 


Kepala Desa Gunungpring, Ilham Abadi mengungkapkan desanya merupakan salah satu daerah yang memproduksi banyak sampah karena populasi jumlah penduduk yang besar.


Serta ditambah lagi dengan adanya destinasi wisata religi yaitu makam aulia/wali tanah Jawa Kyai Raden Santri yang ramai dikunjungi santri/masyarakat sepanjang tahun. 


"Secara ekonomi hal tersebut menggembirakan namun secara lingkungan sebaliknya," ungkapnya. 


Kegiatan jalan santai menyediakan hadiah utama berupa sepeda listrik (selis) diikuti oleh warga masyarakat dari Gunungpring, Yogyakarta, Purworejo, serta siswa dari SMK Bimantara, SD Terpadu Ma'arif, SDN Gunungpring 3, dan MI Ma'arif Gunungpring. 


Kegiatan juga diikuti Ketua Pegiat Lingkungan Kabupaten Magelang, Atik Pratiwi, Penggerak Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Sri, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang, Uswatun Wulandari, serta Korwil Disdikbud Muntilan, Muh. Badarudin. 


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar