Covid-19 Melandai, Permohonan Paspor Meningkat Tajam

Dilihat 1854 kali
Unit Kerja Kantor Imigrasi Magelang melayani pengajuan paspor yang mengalami lonjakan.

BERITAMAGELANG.ID - Seiring dengan menurunnya angka penyebaran Covid-19 di Indonesia, mulai ada pelonggaran terkait aturan masker dari Presiden Joko Widodo. Hal ini berimbas terhadap permohonan pembuatan paspor di imigrasi yang meningkat tajam. Peningkatan permohonan ini juga sebabkan karena sudah mulai dibukanya akses penerbangan ke luar negeri. 


Penerbangan sudah mulai berjalan normal terutama untuk tujuan Umroh yang selama pandemi sempat ditutup. Hal tersebut terjadi termasuk di Unit Kerja Kantor Imigrasi Magelang, yang berada dibawah Kantor Imigrasi Wonosobo, juga mengalami lonjakan hingga kuota habis.


"Banyak masyarakat yang sudah menunggu momen berakhirnya masa pandemi agar dapat melakukan perjalanan ke luar negeri.


Seperti saat ini, di Unit Kerja Kantor Imigrasi Magelang peningkatan sangat drastis walau demikian kami tetap berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," ucap Kepala Kantor Imigrasi Wonosobo, Ari Widodo, Jumat (10/6/2022).


Ari menambahkan, secara keseluruhan di semua Kantor Imigrasi di Indonesia terjadi peningkatan permohonan pembuatan paspor khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta.


"Sepertinya hal ini disambut positif masyarakat. Pada saat Pandemi Covid 19 kemarin, di Unit Kerja Kantor Imigrasi Magelang, rata-rata per hari lima hingga 10 pengajuan paspor.


Saat ini rata-rata hingga 50 pengajuan paspor, yang mana kuota per hari adalah 50 paspor," ungkap Ari Widodo.


Kasubsi Informasi Unit Kerja Kantor Imigrasi Magelang, I Ketut Wedha Andi, menambahkan, untuk menghemat waktu dalam pengajuan paspor, bisa menggunakan M-Paspor untuk memfasilitasi pemohon melakukan pra permohonan paspor dengan mengisi formulir dan mengunggah pindai berkas ke aplikasi secara mandiri. 


"Dengan demikian, pemohon cukup menunjukkan berkas aslinya saat datang ke kantor imigrasi sehingga memangkas waktu tatap muka. 


Fitur-fitur unggulan M-Paspor antara lain Pembayaran PNBP di Awal, Cek Status Permohonan Paspor, Validasi NIK Dukcapil, Reschedule Jadwal Kedatangan dan Integrasi Dokumen Perjalanan RI," terang I Ketut.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar