Kader PKK Diminta Bersama Membangun Desa

Dilihat 3305 kali
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Tanti Zaenal Arifin dalam kegiatan Evaluasi dan Verifikasi 10 program pokok PKK, Desa Kembaran Kecamatan Candimulyo.

BERITAMAGELANG.ID - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Tanti Zaenal Arifin, mengajak masyarakat untuk semangat  membangun desa, salah satunya melalui gerakan PKK.


"Gumregah (bangkit) membangun desa memberikan pengabdian terbaik bagi desa.


Ketika kita bisa mensukseskan orang lain, InsyaAllah kita akan menjadi mulia," ucap Tanti, dalam kegiatan Evaluasi dan Verifikasi 10 program pokok PKK, di Desa Kembaran Kecamatan Candimulyo Magelang, oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang.


Kegiatan yang diselenggarakan di aula Balai Desa Kembaran, Senin (15/7) tadi, selain dihadiri oleh Kades, perangkat dan kader PKK Desa Kembaran, juga dihadiri Camat Candimulyo.


Dalam kesempatan tersebut, Tanti Zaenal Arifin, juga menyampaikan pentingnya diberdayakan bank sampah, Posyandu dan program PKK lainnya, dimana Desa Kembaran adalah salah satu desa binaan. Dalam setiap kecamatan terdapat satu desa binaan.


"Tim penggerak PKK mulai turun ke desa binaan mulai 1 Juli kemarin, bertujuan untuk evaluasi program tersebut, seperti sejauh mana pemahaman kader PKK terhadap program PKK. Dikarenakan tidak semua kader paham apa yang harus dilakukan terkait perencanaan, menyusun anggaran dan administrasi di desa, kemudian juga terkait peran kepala desa terhadap program pemberdayaan ini," jelasnya. 


Menurut Tanti, banyak desa yang sudah paham, namun juga masih ada desa yang msih perlu didampingi, agar program pokok PKK dapat terlaksana, khususnya untuk desa binaan.


"Program Desa Binaan PKK tersebut dilaksanakan setiap tahun, dan setiap tahun pula akan berganti desa lain yang belum menjadi desa binaan.


Harapannya 105 desa dapat menjadi desa binaan, sedangkan jumlah desa se Kabupaten Magelang 372 desa. Harapan kami untuk desa yang masih kurang bisa dinaikan, yang kurang aktif bisa bangkit menjalankan program tersebut," pesannya. 


Tanti menambahkan, dalam kunjungan Tim penggerak PKK Kabupaten Magelang ke desa-desa binaan dilakukan oleh dua tim.


"Satu tim lainnya oleh Ibu Wakil Bupati Magelang, yang berkunjung ke Desa Kalijoso Kecamatan Windusari, untuk melaksanakan kegiatan yang sama," terangnya. 


Kepala Desa Kembaran, Wiwin Zaerofi, mendukung pelaksanaan program tersebut, untuk kemajuan dan kesejahteraan desa.


"Kami sangat mendukung pelaksanaan program Desa Kembaran menjadi desa binaan  PKK, dikarenakan selama 12 tahun saya menjabat, baru kali ini Desa Kembaran berkesempatan menjadi desa binaan PKK," ungkap Wiwin.


Dalam kesempatan tersebut, Camat Candimulyo, Agung Nugroho, menyampaikan, agar warga tidak ragu menggunakan dana desa dalam upaya pemberdayaan PKK.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar