Desa Ngawen Gelar Festival Bumi Mandala Untuk Menarik Wisatawan

Dilihat 1222 kali
Festival Bumi Mandala, menjadi event tahunan untuk menarik wisatawan datang ke Desa Wisata Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Desa Wisata Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang,  menggelar Festival Bumi Mandala Tahun 2023 sebagai upaya menarik wisatawan. Festival yang digelar selama tiga hari, Kamis-Sabtu (1-3/6/2023) tersebut, diawali dengan Bakti Sosial, Festival Layang-layang, Festival Sego Wiwit dan pertujungan kesenian tradisional, serta doa lintas agama.


Kepala Desa Ngawen, Daru Aspari, Jumat (2/6/2023) mengatakan, ada beberapa acara dalam festival tahun ini yang dilaksanakan di kawasan Candi Ngawen. Melalui Festival Bumi Mandala ini, akan menjadi event tahunan yang dapat menjadi tujuan wisatawan, terutama gelaran festival sego wiwit yang menjadi ciri khas masyarakat Desa Ngawen.


Menurut Daru Aspari, rangkaian acara diawali donor darah dan pembagian bansos, kegiatan  berjalan lancar, ada sekitar 100 orang yang mengikuti donor darah. Kemudian pembagian sembako kepada warga Ngawen dan pondok pesantren.


Rangkaian kegiatan Festival Bumi Mandala,  lomba layang-layang yang diikuti oleh belasan peserta yang berasal dari Magelang dan sekitarnya, termasuk peserta dari Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.  


“Lomba layang-layang bertema Bumi Mandala dengan kategori lomba yakni kreasi. Peserta ada sekitar 16 orang,” jelas Daru.


Selanjutnya pada Sabtu (3/6/2023), ada Festival Sego Wiwit yakni kirab sego wiwit dari Bumi Perkemahan Wana Pertiwi menuju Candi Ngawen. Dilanjutkan doa bersama lintas agama. Festival Sego Wiwit ini merupakan tradisi di Desa Wisata Ngawen yang sudah turun-temurun.


“Biasanya diadakan menjelang masa panen sebagai tanda syukur. Setelah festival ini, bakal ada penampilan kesenian tari dan final lomba layang-layang,” imbuhnya.


Sedangkan malam harinya, bakal ada Ketoptak Mardi Utomo dengan bintang tamu yakni RABIES yang digelar di halaman Kantor Desa Ngawen. 


“Dalam festival ini kami juga menggandeng UMKM,” lanjutnya.


Diharapkan, dengan Festival Bumi Mandala ini, mampu memberikan daya tarik wisatawan ke Desa Wisata Ngawen, yang ujungnya bisa memberikan nilai tambah bagi warga masyarakat, khususnya UMKM. 


“Kami berharap bisa menarik wisatawan berkunjung ke Desa Wisata Ngawen sebagai destinasi wisata,” harapnya.


Camat Muntilan, Amin Sudrajat mengungkap bahwa pihaknya mendukung pelaksanaan Festival Bumi Mandala tersebut. Dengan acara ini diharapkan bisa mewujudkan slogan “Ayo Wisata ke Ngawen”.


“Di mana dengan festival ini untuk bisa mengenalkan Ngawen beserta potensi yang ada di dalamnya. Agar masyarakat atau wisatawan dapat mengetahui bahwa ada daya tarik wisata di Ngawen, selain Candi Ngawen ada juga potensi wisata lainnya, dan bisa berkunjung ke sini (Ngawen),” ungkapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar