DPW Gebu Minang Jateng Siap Menggerakkan Ekonomi Era Tatanan Kehidupan Baru

Dilihat 2124 kali
Pengukuhan kepengurusan Gebu Minang Jateng periode 2020-2025

BERITAMAGELANG.ID - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPW) Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (Gebu Minang) Jawa Tengah periode 2020-2025 resmi dikukuhkan di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Sakapitu Borobudur Kabupaten Magelang Sabtu Malam (5/9/2020). Ketua terpilih DPW Gebu Minang priode 2020 - 2025 adalah, Kompol Zurianto SH. MH. 


Prosesi pengukuhan oleh Wakil ketua DPP Gebu Minang Irjen Pol (p)  Drs.H. Marwan Paris MBA, Datuk Maruhun Saripado itu juga dihadiri oleh jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang dan sejumlah perwakilan pengurus DPW daerah lain seperti Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jakarta, dan Bandung.


Dalam sambutannya Bupati Magelang Zaenal Arifin SI P berharap agar kepengurusan baru DPW Gebu Minang Jawa Tengah dapat menjadi motor penggerak ekonomi dimasa transisi pandemi Covid-19 saat ini. Mengingat wilayah Kabupaten Magelang memiliki potensi budaya dan sejumlah destinasi pariwisata yang memungkinkan untuk dikembangkan bersama.


Keberadaan masyarakat Minang di Kabupaten Magelang selama ini telah memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan pembangunan dan ekonomi di Kabupaten Magelang.


"Selain meningkatkan aktifitas ekonomi, jajaran pengurus yang baru dilantik ini juga diharapkan menjadi jembatan pengembangan budaya, dan pariwisata. Lebih khusus berperan dalam pembangunan di Kabupaten Magelang," kata Zaenal melalui Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi.


Sementara itu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, melalui Kabiro Rantau Setda Sumbar Luhur Budianda berpesan agar jabatan Ketua Pengurus Gebu Minang terpilih kali ini sebagai amanah dan tantangan untuk bersinergi membangun Jawa Tengah. Meski demikian tidak melupakan kampung halaman.


Organisasi Gebu Minang merupakan sebuah organisasi pergerakan memajukan Ekonomi dan Budaya masyarakat. Sedangkan mekanisme dan sistem ekonomi yang dijalankan, saat ini berpola kebersamaan agar dapat bersaing di pasar Global dan mampu menerapkan Teknologi yang terus berkembang. Wakil ketua DPP Gebu Minang Irjen Pol (p)  Drs.H. Marwan Paris MBA, Datuk Maruhun Saripado mengatakan saat ini Gebu Minang merupakan wadah bagi yang suka, simpati dan partisipatif kepada Minang, maka dia adalah orang Minang. Terpenting adalah untuk Indonesia.


Karena hakekat pendirian Gebu Minang, lanjutnya adalah agar satu sama lain bersatu mensejahterakan, saling membantu sesama orang Minang. Mempberikan bantuan moral dan spiritual kepada yang tidak mampu. "Gebu Minang bukan perkumpulan elit tapi perkumpulan orang-orang yang sadar terhadap sesama," tegasnya.


Ketua DPW Gebu Minang Jateng Kompol Zurianto SH. MH meminta kepada jajaran pengurus dan masyarakat Minang di Jawa Tengah untuk menyatukan tekad untuk bergerak bersama membesarkan Gebu Minang dalam bagian memajukan ekonomi Indonesia.


"Pengukuhan ini, kita bersama sama merajut asa untuk mewujudkan mimpi perantau Minang sukses agar kejayaan ekonomi Indonesia bisa berlanjut," ungkap Zurianto.


Dalam acara tersebut juga ditampilkan sejumlah tari tradisional dan lagu khas Minang. Setiap tamu yang hadir diwajibkan mengikuti protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan cuci tangan..

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar