Festival Band dan KNPI Expo Ramaikan Hari Sumpah Pemuda

Dilihat 1761 kali

BERITAMAGELANG.ID - Puluhan grup band indie dari Kabupaten Magelang dan sekitarnya meramaikan Festival Band Gemilang 2019. Tidak hanya itu, penonton juga bisa menikmati beragam jajanan dan produk menarik lainnya dalam KNPI Expo yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) bekerjasama dengan DPD KNPI Kabupaten Magelang.


Kegiatan ini diselenggarakan sebagai rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan tema Bersatu Kita Maju pada 25-26 Oktober 2019.


Festival Band Gemilang dan KNPI Expo diresmikan Asisten Pemerintahan sekaligus Kepala Disparpora Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso di Lapangan drh Soepardi, Kota Mungkid, Jumat(25/10/2019) sore. 


Iwan mengatakan pemuda perlu dididik dan dibina agar potensi yang dimilikinya dapat menghasilkan kontribusi yang positif bagi pembangunan nasional. Oleh karena itu pemuda merupakan aset yang paling berharga dari sebuah bangsa, bahwa setiap pemuda mempunyai potensi dasar untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara.


“Karena kondisi pemuda saat ini adalah gambaran masa depan bangsa,” ungkap Iwan saat membacakan sambutan Bupati Magelang.


Iwan melanjutkan, untuk mempersiapkan generasi yang baru banyak cara harus dilakukan mulai dari pendidikan, pencitraan media, pendidikan keagamaan, hingga kegiatan kepemudaan yang bersifat membangun. 


Bukan hanya itu, sistem yang terintegrasi sangat penting agar pemuda terus berkembang sehingga menempati posisi-posisi strategis bangsa ini. Karena mereka yang digolongkan sebagai pemuda adalah tenaga yang produktif dan tenaga tersebut akan menjadi mesin penggerak lajunya roda pembangunan bangsa ini.


“Tenaga produktif inilah yang mempunyai potensi energi yang sangat besar untuk menciptakan sesuatu yang baru dan mengembangkan sesuatu yang sudah ada,” lanjutnya.


Tujuan dari KNPI Expo ini yakni memberikan wadah untuk gelar karya kreativitas, meningkatkan partisipasi dan peran aktif pemuda dalam membangun dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.


Ketua DPD KNPI Kabupaten Magelang Ariyanto menambahkan selain event ini juga ada kegiatan lain yang mereka adakan bersama dengan organisasi pemuda.


“Kami juga mengadakan pelatihan dan seminar,” ujarnya.


Turut hadir dalam acara tersebut jajaran Forkopimda, Kepala SKPD, Ketua PWI serta Pengurus KNPI Kabupaten Magelang dan Provinsi Jawa Tengah.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar