Festival Lembah Merapi Padukan Eksotisnya Pemandangan Alam dan Pesona Sunrise

Dilihat 7383 kali
Pesona sunrise di balik layar panggung utama Festival Lembah Merapi dari atas bukit Gunung Gono, Banyubiru, Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang kembali akan menggelar event spektakuler, dimana nuansa alam berpadu dengan budaya asli akan dibungkus menjadi sebuah atraksi menarik di Bukit Gunung Gono Desa Banyubiru Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

Event bertajuk 'Festival Lembah Merapi' ini bakal digelar Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang pada 10-12 Agustus 2018 mendatang, mengangkat budaya lokal dan dikemas secara menarik.

"Festival Lembah Merapi 2018 akan digelar di Gunung Gono Desa Banyubiru Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Even ini dipastikan berbeda dengan event-event lainnya karena disajikan di atas sebuah bukit dengan panorama indah Merapi dan Merbabu," kata Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso melalui keterangan rilisnya, Senin (06/08).

Festival Lembah Merapi 2018, lanjut Iwan, mengangkat tema 'Sound of Mountain'.

"Diharapkan melalui event ini, kawasan Lereng Gunung Merapi yang ada di Kabupaten Magelang semakin terkenal karena daya tarik dan potensinya," harapnya 

Dengan konsep budaya dan hiburan yang tidak biasa, Iwan berharap even ini juga  turut menumbuhkan pariwisata di Kabupaten Magelang.

"Target kita 10 ribu pengunjung di event ini baik dari wisatawan lokal, tapi utamanya juga wisatawan luar daerah hingga manca negara," paparnya.

Untuk menguatkan konsep budaya, dalam event ini akan dimeriahkan berbagai kegiatan.

"Dalam event ini puluhan kesenian daerah Kabupaten Magelang akan diselenggarakan, diantaranya Sendra Tari Candrageni Merapi, Kirab Budaya. Ada pula lomba Parade Hewan Hias, Sunrise Musik dan Musik Symphony Merapi," bebernya.

Untuk menonjolkan ciri khas Merapi, Iwan menambahkan, pihaknya juga mengkonsep penataan lokasi festival dengan menunjukkan identitas kampung Merapi zaman dahulu.

"Mulai dari puluhan stand-stand kuliner dan UMKM dengan nuansa kampung, foto booth ala kampung Merapi, serta konsep panggung dengan latar belakang pemandangan langsung gunung Merapi dan Merbabu," tambahnya.

Pengunjung akan diajak menikmati musik di saat matahari terbit di antara Gunung Merbabu dan Merapi saat sunrise musik, dan puncak acara musik Symphony bersama artis Donnie Sibarani, eks vokalis Ada Band.

"Keindahan dan nuansa kampung lembah Merapi dengan menikmati cuaca yang sejuk tentunya pengunjung akan penuh kenangan," tutupnya.

Sementara Kepala Desa Banyubiru, Wintoro menambahkan, selama festival berlangsung, para pengunjung bisa tinggal di homestay yang berada di sekitar lokasi. Lebih lanjut, dia berharap event ini semakin mempopulerkan kawasan wisata Gunung Gono sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Magelang.

"Gunung Gono merupakan wisata alam yang menyajikan panorama keindahan alam dengan background Gunung Merapi dan Merbabu yang bersebelahan dan sunrise keren dimana matahari tampak terbit dari celah kedua gunung tersebut," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar