Ini Para Juara Lomba Krenova Kabupaten Magelang 2019

Dilihat 2315 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin memberi penghargaan kepada juara Lomba Kreasi dan Inovasi (KRENOVA) Kabupaten Magelang tahun 2019, di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang, Rabu (27/11/2019).


Zaenal mengatakan penghargaan kreativitas dan inovasi masyarakat ini adalah bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Magelang kepada pihak yang secara nyata menghasilkan produk inovasi bermanfaat bagi masyarakat.


"Harapan saya hasil inovasi dan kreativitas ini bisa kita dorong agar terimplementasikan dan membawa kemanfaatan yang besar bagi masyarakat Kabupaten Magelang," ujar Zaenal usai menyerahkan penghargaan kepada para juara Krenova.


Juara I Lomba Krenova Kabupaten Magelang diraih Vita Zubaidah dengan kreasinya membuat ozonizer untuk sterilisasi produk hasil pertanian, Juara II Priyo Nugroho (menjangkau pariwisata dunia melalui platform plesiran), Juara III Khabib Anwari (optimalisasi pemuda desa dalam kehidupan bermasyarakat untuk Indonesia Berdaya).


Sedangkan Juara Harapan I Absari Hanifah (aplikasi media pembelajaran berbasis augmented reality bagi anak), Juara Harapan II Hartoto (alat sprayer menggunakan tenaga matahari), Juara Harapan III Slamet Sunarna (perbanyakan tanaman Gabungan Jaringan Akar 'GANJA').


Kepala Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, Sugiyono mengatakan tingkat literasi yang tinggi akan mendorong kreativitas dan inovasi. Selain itu, di Kabupaten Magelang saat ini minat baca masyarakat semakin meningkat.


"Alhamdulillah tahun ini Kabupaten Magelang merupakan satu-satunya Kabupaten yang mendapatkan Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional RI," katanya.


Menurutnya, kreativitas dan inovasi sangat diperlukan dalam pengembangan potensi lokal Kabupaten Magelang. Sentuhan kreativitas dan inovasi akan menyebabkan proses produksi lebih kompetitif dan efisien serta meningkatkan daya saing, terutama dalam menghadapi tantangan di era industri 4.0.


"Sangat tepat anugerah Krenova ini dijadikan wahana dalam mendorong kreativitas dan inovasi masyarakat," ujarnya.


Dalam acara tersebut juga dilaksanakan ajang pameran inovasi dan mini workshop selama tiga hari pada 27-30 November 2019.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar