Kasus Covid-19 Meningkat, Tiga Dusun Terapkan Micro Lockdown

Dilihat 1770 kali
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi
BERITAMAGELANG.ID - Tiga wilayah di Kabupaten Magelang terpaksa menerapkan micro lockdown, menyusul munculnya warga yang terpapar Covid-19. Ketiga wilayah itu adalah Dusun Gerangan Desa Sriwedari Kecamatan Muntilan, Dusun Clapar Desa Ngawen Muntilan dan Dusun Pagonan Desa Sidogede Kecamatan Grabag.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, di Desa Sriwedari, warga yang terpapar berjumlah 57 orang, kemudian Dusun Clapar 31 dan Sidogede sebanyak 81 orang.

Menurut Nanda, munculnya kasus covid-19 di wilayah Kecamatan Muntilan karena adanya kegiatan masyarakat. Sedangkan di Kecamatan Grabag karena klaster takziah. 

"Di Muntilan karena adanya kegiatan masyarakat, sedangkan yang Grabag karena klaster takziah," kata Nanda yang dihubungi Jumat (18/6/2021).

Warga yang terpapar Covid-19 di ketiga wilayah itu, sejauh ini masih isolasi mandiri di rumah masing-masing, dengan  pengawasan ketat dari Satgas Jogo tonggo setempat, Koramil dan juga Polsek. 

"Kami juga ikut mengawasi dan memantau serta membantu sembako," ujarnya.

Mengantisipasi lonjakan kasus tersebut, Pemkab Magelang merencanakan menambah dua rumah sakit sebagai tempat isolasi terpadu tingkat kabupaten. Kedua rumah sakit yang sudah disiapkan adalah RS Candi Umbul Grabag dan RS Bukit Menoreh Salaman. 

"Dua rumah sakit ini kami siapkan untuk isolasi apabila desa sudah tidak mampu menampung seiring dengan adanya peningkatan kasus," ucapnya.

Penambahan dua tempat isolasi terpadu ini, agar Pemkab Magelang bisa melayani pasien Covid-19 tanpa gejala atau OTG. Pihaknya mendorong tempat-tempat isolasi mandiri terpadu di masing-masing desa untuk dioptimalkan penggunaannya. 

"Kalau desa sudah tidak dapat menampung, maka dilayani di tempat isolasi terpadu," ujarnya.

Meski dalam beberapa hari terakhir, terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi, saat ini Kabupaten Magelang masih masuk zona oranye.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar