Krenova Kabupaten Magelang 2023 Dimulai, Simak Cara Daftarnya

Dilihat 3088 kali
BERITAMAGELANG.ID - Inovasi sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing, kemandirian, dan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, dengan inovasi dapat menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat tentang perlunya budaya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), sehingga inovasi dalam kehidupan sehari-hari dapat menjadi solusi berbagai persoalan bangsa.

Pemerintah Kabupaten Magelang sangat mengapresiasi masyarakat, akademisi/peneliti, pelaku usaha, pemerintah, serta lembaga penunjang (stakeholder) dalam melakukan sebuah inovasi, yang telah dan sedang dilakukan. Sebagai wujud perhatian dan apresiasi bagi para inovator/inventor, Pemerintah Kabupaten Magelang melakukan penjaringan inovasi masyarakat melalui Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Tahun 2023 dan para pemenang akan mendapatkan penghargaan oleh Bupati Magelang.

Selanjutnya, para pemenang akan diupayakan untuk mendapatkan fasilitasi lanjutan berupa: mengikuti Lomba Krenova Tahun 2024 pada tingkat Provinsi Jawa Tengah, fasilitasi pendampingan Kekayaan Intelektual (KI), penyertaan pameran, pengembangan prototype (bila memungkinkan), serta didorong untuk dapat menciptakan, merekayasa alat/produk yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Bappeda Litbangda Kabupaten Magelang, M. Taufiq Hidayat Yahya menyampaikan Krenova  bertujuan memberikan penghargaan kepada masyarakat Kabupaten Magelang, baik secara perorangan ataupun kelompok yang mampu menghasilkan inovasi kreatif dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Inovasi. 

"Yang tentunya bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Selain itu juga sebagai upaya meningkatkan inovasi dan kreativitas masyarakat untuk mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Magelang.

Bidang fokus Krenova meliputi:

1. Agribisnis dan Ketahanan Pangan;
2. Energi baru dan terbarukan;
3. Kehutanan dan lingkungan hidup;
4. Kelautan dan perikanan;
5. Kesehatan, obat-obatan dan kosmetika;
6. Pendidikan;
7. Rekayasa Teknologi dan manufaktur;
8. Teknologi Informasi dan Komunikasi;
9. Industri Kreatif;
10. Sosial, Budaya (pemberdayaan masyarakat dan
revitalisasi budaya).

Kriteria hasil karya yang dapat diunggulkan, diantaranya merupakan hasil kreativitas dan inovasi perorangan atau kelompok yang telah diterapkan di daerah lokasi Inventor/Inovator maupun daerah lainnya di wilayah Kabupaten Magelang; hasil karya minimal berupa prototype, apabila metode berupa modul dan/atau dokumen;

"Dapat didiseminasikan dan diterapkan di masyarakat, teknologinya dapat diaplikasikan dalam skala industri rumah tangga/lingkungan," lanjut Taufiq.

Sekretaris Bappeda Litbangda Kabupaten Magelang, Agus Widodo menambahkan, peserta Krenova adalah masyarakat Kabupaten Magelang perorangan atau kelompok (Ketua/Koordinator ber-KTP Kabupaten Magelang) yang berasal dari unsur masyarakat (individu, kelompok, asosiasi, dunia usaha, dan lembaga non pemerintahan lainnya), pelajar (SMA/SMK/MA), dan Mahasiswa dan stakeholders terkait. 

"Pemenang penghargaan KRENOVA mendapatkan Piagam Penghargaan serta uang pembinaan dan pengembangan dari Bupati Magelang," imbuh Agus.

Pendaftaran dan pengajuan proposal dari peserta dijadwalkan sampai dengan 31 Mei 2023, pukul 23.59 WIB. Seluruh template bahan dukung Krenova 2023 dapat diunduh di https://epikir.magelangkab.go.id/landing/krenova dan https://bit.ly/BahanDukungKrenova2023.

Keterangan/informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Penyelenggara Krenova:

BAPPEDA dan LITBANGDA Kabupaten Magelang c.q. Bidang Penelitian dan Pengembangan
Jalan Soekarno-Hatta No.59 Kota Mungkid, Kode Pos 56511.
Telepon: (0293) 788189.
Fax: (0293) 788122.
Website: https://bappeda.magelangkab.go.id

Narahubung:
1) Sdr. Wahyu Hernowo, ST. M.Eng. (HP. 085643332699)
2) Sdri. Hermasani Tya, S.ST., M.Ec.Dev. (HP. 08170110094)
3) Sdri. Purwanti, S.Sos, M.Eng (HP. 08170610733)
4) Sdr. Sukamsi, ST., M.I.P. (HP. 081328859773)

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar