Masa Kampanye Dimulai, Deklarasi Damai Digelar Serentak

Dilihat 2035 kali

BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 15 dari 16 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 wilayah Kabupaten Magelang, membacakan Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan di halaman kantor KPU setempat, untuk mengawali pelaksanaan masa kampanye, Minggu (23/09).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Magelang tersebut merupakan awalan dalam pelaksanaan tahapan kampanye Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Deklarasi Damai disaksikan jajaran Forkopimda meliputi Bupati diwakili Pj. Sekda, Kajari, Kapolres, Komandan Kodim 0705 Magelang, jajaran Bawaslu, Parpol peserta Pemilu 2019 dan tokoh serta organisasi masyarakat. Acara juga dimeriahkan tari-tarian dari Sanggar Kinara Kinari Desa Wanurejo, Borobudur pimpinan Eko Sanyoto.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afifudin mengatakan deklarasi tersebut menjadi harapan pelaksanaan pesta demokrasi damai untuk mewujudkan Pemilu berintegritas.

"Melalui deklarasi kampanye damai ini, semoga kondusivitas daerah yang sudah baik akan tetap dan terus terjaga. Harapan kami ke depan, Pemilu akan berjalan lancar, aman, damai dan berintegritas,"ujar Afiffudin dalam sambutannya.

Bupati Magelang yang diwakili Pj. Sekda Drs. Endra Endah Wacana menyampaikan tujuan dari deklarasi tersebut harus dapat diwujudkan secara nyata, tidak hanya sebatas pada acara seremonial.

"Semoga deklarasi ini tidak berhenti pada seremoni saja, namun setelah ini akan terus dijaga. Harapannya nanti, Pemilu 2019 akan berjalan aman, tertib, damai dan tidak ada tindak-tindak kejahatan yang dapat memicu perpecahan ditengah masyarakat. Oleh karena itu, marilah kita kedepankan kedewasaan kita dalam berpolitik sehingga kehidupan masyarakat bisa tetap aman, damai dan kondusif," harap Endra.

Di kesempatan yang sama, Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo memanfaatkan momentum tersebut untuk mengajak partai politik, penyelenggara dan peserta yang hadir, untuk menjaga persatuan, tolak kampanye hitam dan politik uang, dengan cara bernyanyi bersama hadirin, guna menjaga kondusivitas selama tahapan Pemilu.

"Semua partai kita saudara, politik hitam dibuang saja. Semua partai kita saudara, politik uang ditolak saja," kata Kapolres dalam sebuah nyanyian.

Tidak hanya sampai di situ, Kapolres Magelang mengajak semua partai, penyelenggara dan peserta yang hadir bersemangat membangun negeri dengan saling bersinergi, dengan mendengungkan salam sinergitas Pemilu. (cha).

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar