Mulai Hari Ini, Kunjungan Pelajar Boleh Naik Candi Borobudur

Dilihat 474 kali

BERITAMAGELANG.ID - Kunjungan perdana pelajar naik ke struktur Candi Borobudur dilaksanakan pada Senin (26/2/2024). Sebelumya, simulasi pelajar naik struktur Candi Borobudur telah dilaksanakan TWC Unit Borobudur pada dua minggu yang lalu.


SD Negeri III Sampiran Cirebon, Jawa Barat menjadi sekolah pertama yang menikmati program kunjungan ini. Sejumlah 98 siswa dan didampingi 18 guru tampak antusias mengikuti kunjungan ke struktur Candi Borobudur.

 

Menggunakan sandal khusus upanat yang digunakan dari Museum Kapal Samudera Raksa, rombongan yang dibagi menjadi enam kelompok kecil masuk ke halaman candi melalui pintu sisi utara.

 

General Manager (GM) Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Jamaludin Mawardi saat diwawancari menyampaikan, di lapangan telah dipersiapkan dari ticketing, pemberian gelang, menyiapkan pemandu, edukator di museum, menyiapkan sandal upanat yang kemudian naik ke struktur Candi Borobudur.

 

"SDN III Sampiran Cirebon satu-satunya rombongan pelajar yang diberi kesempatan hari ini untuk naik ke struktur Candi Borobudur," terangnya, Senin (26/2/2024).


Guru pendamping kegiatan, Suganda, menyampaikan apresiasi terhadap program pelajar naik ke struktur Candi Borobudur. Menurutnya anak-anak menjadi lebih teratur, dikarenakan ada pemandu sekaligus mendapatkan pengetahuan lebih mendalam mengenai warisan dunia tersebut.

 

"Saya sangat senang karena anak-anak bisa naik ke struktur Candi Borobudur dengan lebih tertib dan tidak lari sendiri-sendiri karena didampingi oleh pemandu, meskipun agak capek anak-anak antusias karena bisa mendapatkan informasi dan wawasan mengenai cerita-cerita yang ada di relief Candi Borobudur," ungkap Suganda.

 

Hari Senin ditentukan sebagai waktu khusus bagi para pelajar untuk naik struktur Candi Borobudur, dengan syarat sebelum kunjungan bersurat terlebih dahulu ke PT Taman Wisata Candi Borobudur dan melakukan reservasi secara daring di tiketcandi.borobudurpark.com.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar