Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Magelang Dilantik

Dilihat 1167 kali
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Se-Kabupaten Magelang pada Pemilu 2024.

BERITAMAGELANG.ID- Bupati Magelang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang, Asfuri bersama jajaran Forkompimda menghadiri dan menyaksikan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Se-Kabupaten Magelang pada Pemilu 2024 di Atria Hotel Magelang, Jumat (28/10/2022).

Asfuri menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang mengucapkan selamat kepada anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Magelang yang baru saja dilantik. Ia berharap petugas Panwaslu Kecamatan bisa melaksanakan fungsi dan kewajibannya dengan sebaik-baiknya.

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa dalam melaksanakan fungsi dan kewajiban sebagai Panwaslu Kecamatan, saudara tentu akan berpedoman kepada regulasi yang ada, antara lain Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum," kata, Asfuri.

Menurutnya, selaras dengan hal tersebut, ada beberapa tugas penting Panwaslu selama Pemilu yaitu mengawal pemilihan di tingkat Desa/Kelurahan seperti pemutakhiran data pemilih, pengawasan verifikasi faktual calon perseorangan, memantau pelaksanaan kampanye hingga perlengkapan dan pendistribusian alat pemungutan suara.

Terkait hal tersebut, Asfuri mengharapkan semua petugas baik Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) dan mitra bisa bersinergi sesuai aturan yang berlaku guna memaksimalkan proses Pemilu di Kabupaten Magelang.

Sementar itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M Habib Sholeh menyampaikan pelantikan anggota berjumlah 63 Panwascam terpilih.

"ini merupakan hasil seleksi yang sangat ketat dari 632 pendaftar dan anemonya sangat tinggi pada saat terakhir pendaftaran, dan diambil 3 orang per kecamatan," beber Habib.

Habib menekankan bahwa anggota Panwascam sekarang ini telah menjadi public figure maka harus bersikap sebagai pejabat publik karna dilihat semua orang baik tutur kata, kebijakan maupun saat bertugas dan harus menjaga integritas, profesionalisme dan loyalitas.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar