Pemkab Magelang Gelar Upacara Hardiknas

Dilihat 970 kali
Penandatanganan Deklarasi Komitmen dan Dukungan Bersama Launching Gerakan “MAGELANG GUMREGAH BUNGAH” oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin.

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Magelang yang digelar di Lapangan drh. Soepardi Sawitan Kota Mungkid, Selasa (2/5).


Upacara tersebut diikuti jajaran Forkopimda Kabupaten Magelang, perwakilan guru, dan siswa. Pada amanat upacara, Bupati membacakan pidato Mendikbudristek RI dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023. Dalam amanat tersebut, Mendikbudristek Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan, sistem pendidikan di Indonesia dalam 3 tahun belakangan telah mengalami banyak perubahan.


Perubahan ini merupakan implikasi dari implementasi 24 episode sistem Merdeka Belajar yang menjadi program dari Kemendikbudristek sejak dipimpin oleh Menteri Nadiem.


"Selain memudahkan peserta didik dengan berbagai program belajar yang dinilai mampu mengembangkan karakter dan kompetensinya, tenaga pengajar juga diberikan kebebasan seluas-luasnya untuk berinovasi dalam sistem belajar mengajar," ungkapnya.


Hal ini, lanjutnya, diharapkan mampu memperbaiki kualitas pendidikan dari waktu ke waktu bagi sistem pendidikan di Indonesia.


Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan Deklarasi Komitmen dan Dukungan Bersama Lounching Gerakan "Magelang Gumregah Bungah" (Magelang Gumregah Mlebu Ning Sekolah) atau komitmen bersinergi menyukseskan program penanganan anak tidak sekolah (PATS) di Kabupaten Magelang oleh Bupati Magelang dan jajaran Forkompimda.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Slamet Ahmad Husein di sela kegiatan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Magelang yang sudah menggerakan beberapa kegiatan yang sangat penting bagi masa depan siswa siswi di Kabupaten Magelang dan dijadikan satu dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional.


"Mulai dari launching PPDB, kemudian Magelang Gumegrah Bungah, serta terkait dengan teman-teman PPPK yang sudah bergabung bersama kita untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Magelang. 3 hal itu hari ini dirangkai jadi satu kegiatan dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional oleh Bapak Bupati Magelang," jelasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar