Pemkab Magelang Kembali Raih Predikat WTP

Dilihat 1522 kali
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyerahkan penghargaan opini WTP kepada Bupati Magelang, Zaenal Arifin, SIP di Hotel Novotel Semarang, Jawa Tengah, Rabu (31/10)

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang kembali berhasil meraih penghargaan dari Menteri Keuangan atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2017 dengan capaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mewakili Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, kepada Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP di Hotel Novotel, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (31/10).

Bupati Magelang mengatakan penghargaan WTP ini bukanlah tujuan akhir, namun merupakan upaya yang sesungguhnya dari Pemerintah Kabupaten Magelang untuk terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan keuangan di daerah.

"Harapannya melalui keberhasilan ini dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap pengelolaan keuangan daerah, sehingga akan lebih baik lagi, agar partisipasi dan dukungan masyarakat terhadap program prioritas akan lebih meningkat," tandasnya.

Ganjar Pranowo berharap agar perolehan opini WTP tersebut makin hari makin baik, sehingga tata kelola keuangan di Jawa Tengah juga akan semakin membaik.

"Selain itu saya juga berharap kepada OPD agar melakukan check and balance di dalam melakukan penyusunan anggaran," pesan Gubernur.

Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia Kantor Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Sulaimansyah menjelaskan penyerahan penghargaan kepada kepala daerah yang laporan keuangannya memperoleh opini WTP lima tahun berturut-turut diserahkan oleh Menteri Keuangan di Jakarta. Sementara bagi yang menerima penghargaan WTP di bawah lima tahun diserahkan di masing-masing daerah.

"Kita patut bersyukur bahwa dari tahun ke tahun pengelolaan keuangan negara maupun keuangan daerah semakin membaik," ujar Sulaimansyah.

Sulaimansyah memaparkan pengelolaan keuangan negara ditunjukan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 70,81 persen terbaik dalam empat tahun terakhir. Sedangkan tingkat pengangguran terbuka 5,13 persen terendah selama 3 tahun terakhir.

Sedangkan jumlah penduduk miskin 26,58 juta jiwa, terendah sejak tahun 2014. Rasio ini 0,391 terendah sejak tahun 2014, dan sebagai 10 negara terbaik di dunia dalam melakukan revormasi selama 15 tahun terakhir. Selain itu, capaian pertumbuhan ekonomi sebesar 5,07 persen dan produk domestik Bruto mencapai Rp 13.388,8 triliyun, lebih baik dari 2016.

"Untuk Pemerintah Daerah se-Jawa Tengah, tata kelola dan kualitas pengelolaan keuangan sudah semakin baik. Terbukti dengan jumlah LKPD yang memperoleh opini WTP. Untuk tahun 2017, raihan opini WTP untuk Pemerintah Daerah sejumlah 32 dari 36 Pemerintah Daerah atau 89 persen masih di atas rata-rata nasional yang mencapai 71,8 persen. Hal ini lebih baik dari catatan 2016 yang mencapai 31 dari 36," tutupnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar